eprintid: 1342 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/13/42 datestamp: 2012-06-06 10:08:17 lastmod: 2017-08-01 02:52:29 status_changed: 2012-05-04 16:40:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HAMJADID - NIM. 04410675, title: NILAI-NILAI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Nilai Sosial, Sejarah kebudayaan Islam. note: Pembimbing : Muqowim, M.Ag. abstract: ABSTRAK Penelitian ini datang dari latar belakang masalah sosial yang sering terjadi di kalangan siswa SMA. Hal ini terlihat dari banyaknya perilaku yang menyimpang dalam diri siswa yang mengakibatkan masyarakatlah yang kemudian menjadi korban dari perilaku siswa yang menyimpang tersebut. Terbukti dengan banyaknya aksi tawuran, perkelahian, kenakalan di jalan raya dan tindak negatif lainnya. Kemudian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai sosial apa saja yang terkandung dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta, dan bagaimana metode yang digunakan guru dalam mentransformasikan nilai-nilai sosial tersebut melalui pembelajaran SKI Kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara biasa, obesrvasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik hasil atau kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Nilai sosial yang terkandung dalam materi pembelajaran SKI kelas XI di SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta adalah sikap toleransi yaitu terdapat pada materi perkembangan Islam di India. Kedua, sikap bekerjasama yaitu terdapat pada materi perkembangan Islam di Brunai Darrussalam, dan. Ketiga sikap harga menghargai yang terdapat pada materi perkembangan Islam di Thailand dan perkembangan Islam di Filipina. (2) Metode yang digunakan guru bidang studi SKI dalam mentransformasikan nilai-nilai sosial melalui pembelajaran SKI khususnya kelas XI adalah melalui metode cerita, pemberian nasehat dan penekanan pada materi yang mempunyai aspek sosial. date: 2008-07-23 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-07-23 11:17:41 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--hamjadidni-972-1-hamjadid-m.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/20/digilib-uinsuka--hamjadidni-972-1-hamjadid-m.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1120 ; nama file lama : HAMJADID 04410675 NILAI-NILAI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1158788 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: HAMJADID - NIM. 04410675, (2008) NILAI-NILAI SOSIAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS XI DI SMA MUHAMMADIYAH 3 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1342/1/BAB%201%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1342/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf