%0 Thesis %9 Skripsi %A AMALIA NUR SHABRINA , NIM. 10380026 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:13425 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Sosiologi Hukum Islam, Persaingan Usaha, Pasar %T TINJAUAN SOSIOLOGI HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTEK PERSAINGAN USAHA (STUDI KASUS PEDAGANG PASAR KLEWER, SOLO) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13425/ %X Persaingan merupakan hal yang tidak bisa dihindari dalam dunia usaha, termasuk di pasar Klewer kota Solo. Para pedagang yang kebanyakan menjual produk pakaian dihadapkan dengan persaingan yang cukup kompetitif. Persaingan terjadi pada tataran produk, harga sampai tempat mereka berjualan. Penelitian dengan judul “Tinjauan Sosiologi Hukum Islam terhadap Praktek Persaingan Usaha (Studi Kasus Pedagang Pasar Klewer, Solo)” ini merumuskan masalah pada bagaimana praktek penetapan harga yang kompetitif di pasar Klewer? Apakah praktek tersebut sejalan dengan perspektif sosiologi hukum Islam? Faktorfaktor apa saja yang mempengaruhi adanya kompetisi harga?. Metode penelitian yang digunakan bersifat deskriptis analitis dengan jenis field research. Peneliti menggambarkan pelaksanaan jual beli antar pedagang pada kios pasar Klewer yang dicurigai terdapat bentuk persaingan usaha yang tidak sehat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan sosiologi hukum islam. Berdasarkan hasil wawancara, observasi serta dokumentasi, penetapan harga dilakukan berdasarkan kesepakatan bersama antara pedagang dengan supplier atas pertimbangan sebuah produk. Para pedagang menyepakati adanya batasan maksimal dan minimal untuk sebuah produk. Dalam praktek persaingan usaha di pasar Klewer, ada persaingan berupa pemotongan harga secara besar-besaran dengan dalih cuci gudang agar mendapatkan konsumen sebanyak-banyaknya. Islam mengenal istilah pemotongan harga dari harga asal dengan ba’i al-wadh’iyyah. Secara sosiologis, pemotongan harga melalui cuci gudang tersebut dinilai tidak adil dan mencederai pedagang lainnya. Hal ini dikarenakan tidak ada kesepakatan bersama untuk melakukan cuci gudang dengan pedagang lain, serta produk tersebut belum saatnya dijual dalam kemasan cuci gudang. Persaingan usaha yang ada di pasar Klewer dipengaruhi oleh kemunculan kios-kios modern ditengah-tengah persaingan kios-kios yang masih tradisional, dominasi pedagang beretnis Cina dan arab serta tingkat pendidikan. %Z Pembimbing : Drs. Moch. Sodik, S. Sos., M.Si