eprintid: 1344 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/13/44 datestamp: 2012-06-06 10:40:16 lastmod: 2017-08-01 02:54:02 status_changed: 2012-05-04 16:40:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: HIDAYATUL CHASANAH - NIM. 04410656, title: STUDI ANALISIS PERANAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kecerdasan, emosional, spritual, motivasi belajar, pondok pesanren note: Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan ada tidaknya hubungan antara kecerdasan emosional dan spiritual terhadap motivasi belajar santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta serta peranan kecerdasan emosional dan spiritual dalam meningkatkan motivasi belajar santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta. Populasi penelitian ini adalah seluruh santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim Yogyakarta tahun 2008 sebanyak 222 santri. Pengambilan sampel dilakukan secara acak (random sampling). Ukuran sampel ditentukan dengan menggunakan taraf kesalahan 5 % sebagai pertimbangan representatif jumlah sampelnya 50 % jadi sebanyak 111 santri. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, angket, dokumentasi, dan interview. Analisis instrumen meliputi analisis validitas dan reliabilitas. Hasil analisis validitas menunjukkan dari 30 butir angket terbukti valid secara keseluruhan, sedang hasil analisis reliabilitas menunjukkan koefisien realibilitas sebesar 0,8195 kecerdasan emosional, 0,8063 kecerdasan spiritual, 0,8067 motivasi belajar dan dinyatakan reliabel. Analisis data meliputi analisis deskriptif, analisis regresi sederhana, dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan: 1) tingkat kecerdasan emosional santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim berada pada kategori cukup. Kecerdasan spiritual mereka berada pada kategori cukup pula. Motivasi belajar mereka berada pada kategori cukup baik.2) Ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dengan motivasi belajar santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim akan semakin tinggi pula motivasi belajar mereka. 3) Ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan spiritual dengan motivasi belajar santri. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim akan semakin tinggi pula motivasi belajar mereka. 4) Ada hubungan positif yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan spiritual secara bersama-sama dengan motivasi belajar santri. Hal ini berarti semakin tinggi tingkat kecerdasan emosional dan tingkat kecerdasan spiritual santri Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim semakin tinggi pula motivasi belajar mereka. date: 2008-07-23 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-07-23 11:29:56 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--hidayatulc-974-1-hidayatu-a.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/20/digilib-uinsuka--hidayatulc-974-1-hidayatu-a.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1122 ; nama file lama : HIDAYATUL CHASANAH 04410656 STUDI ANALISIS PERANAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 1055805 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: HIDAYATUL CHASANAH - NIM. 04410656, (2008) STUDI ANALISIS PERANAN KECERDASAN EMOSIONAL DAN SPIRITUAL DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SANTRI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1344/1/BAB%201%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1344/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf