%0 Thesis %9 Skripsi %A SANDI JANNATA , NIM. 07390061 %B FAKULTAS SYARI’AH DAN HUKUM %D 2014 %F digilib:13446 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci : Pesan, Bintang, Alur, Dialog, Ide Cerita dan Daya Tarik Iklan %T FAKTOR-FAKTOR PENGARUH DAYA TARIK IKLAN MIE SEDAP DI MEDIA TELEVISI (STUDI KASUS PADA MAHASISWA FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA) %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13446/ %X Persaingan bisnis pada era globalisasi saat ini makin dinamis dan kompleks, adanya persaingan ini tidak hanya menimbulkan peluang tetapi juga menimbulkan tantangan. Tantangan yang dihadapi oleh perusahaan makanan yang bersaing diantaranya adalah selalu berusaha mendapatkan cara terbaik untuk merebut dan mempertahankan pangsa pasar. Selanjutnya perusahaan harus bisa mengkomunikasikan produknya kepada calon konsumen atau pasar sasarannya. Bagaimanapun bagusnya suatu produk kalau konsumen tidak mengetahui keberadaannya, maka konsumen tidak akan berminat atau membeli produk tersebut. Oleh karena itu diperlukan proses penyampaian informasi melalui komunikasi pemasaran. Salah satu cara komunikasi pemasaran adalaha melalui iklan dan media yang paling popular digunakan adalah televisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pesan iklan, bintang iklan, alur cerita iklan, dialog iklan dan ide cerita iklan terhadap daya tarik iklan mie Sedap bagi mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Penelitian ini mengambil sampel mahasiswa Fakultas Saint dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta yang berjumlah 100 orang. Teknik pengambilan sampel digunakan purposive sampling (cara pengambilan sampel yang dipilih secara cermat dengan cirri-ciri tertentu sehingga relevan dengan rancangan penelitian) Hasil analisis data menggunakan analisis regresi menunjukkan bahwa baik secara simultan maupun parsial pesan iklan, bintang iklan, alur cerita iklan, dialog iklan dan ide cerita iklan berpengaruh positif dan signifikan terhadap daya tarik iklan Dengan temuan ini maka hipotesis alternatif “ Bahwa ada pengaruh. pesan iklan, bintang iklan, alur cerita iklan, dialog iklan dan ide cerita iklan terhadap daya tarik iklan” dapat diterima. Ditinjau dari etika bisnis Islam, secara substansi Iklan Mie Sedap Kari Spesial Kental versi “Main Sepak Bola” tidak terdapat pelanggaran atau hal hal yang tidak sesuai dengan etika bisnis islam, namun dari segi penyampaian iklan dan dari segi tayangan iklan terdapat banyak sekali unsur yang tidak sesuai dengan etika bisnis islam, terutama prinsip kejujuran dan tanggung jawab. %Z Pembimbing : M. Ghafur Wibowo, SE, M.Sc