relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/ title: PENGARUH KUALITAS JASA , TARIF JASA, NISBAH BAGI HASIL DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PENABUNG DI BMT BIF GEDONGKUNING YOGYAKARTA creator: WACHID NURUL MASHUDI, NIM. 10390077 subject: Keuangan Islam description: Lembaga keuangan mikro saat ini sangat berperan dalam perkembangan perekonomian di Indonesia. Salah satu BMT di Indonesia yang mempunyai reputasi dan kepercayaan di masyarakat, khususnya di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah BMT Bina Ihsanul Fikri (BIF). Terbukri dari besaran aset yang dimiliki BMT BIF Gedongkuning, pada tahun 2013 sebesar 44.780.880.000, meningkat dari tahun sebelumnya yang sebesar 32.942.102.000. Persaingan yang sangat ketat, dimana semakin banyak lembaga keuangan yang terlibat dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan pelanggan, menyebabkan setiap lembaga keuangan harus menempatkan orientasi pada kepuasan pelanggan sebagai tujuan utama. Perkembangan dan persaingan yang semakin ketat di antara lembaga keuangan menuntut BMT BIF Gedongkuning untuk terus berinovasi dan memberikan kepuasan kepada anggota. Kepuasan anggota harus mendapat prioritas utama guna menciptakan dan mempertahankan loyalitas nasabah. Kepuasan adalah salah satu tolak ukur keberhasilan sebuah BMT Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh tangible, responsiveness, assurance, emphaty, reliability, tarif jasa, nisbah bagi hasil dan produk terhadap kepuasan anggota. Data penelitian ini diperoleh dari kuisioner terhadap seratus anggota penabung BMT Bina Ihsanul Fikri Gedongkuning yang diperoleh dengan menggunakan accidental sampling, kemudian dilakukan analisis terhadap data yang diperoleh dengan menggunakan analisis data secara kuantitatif dan kualitatif.analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji t dan uji F, serta analisis koefesien determinasi (R2). Analisi kualitatif merupakan interpretasi dari data-data yang diperoleh dalam penelitian secara hasil olah data yang yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan. Hasil penelitian menunjukan bahwa koefesien determinasi yang terlihat pada Adjused R Square sebesar 0.650. Hal ini berarti variabel dependen (kepuasan) dipengaruhi oleh variabel independen (tangible, responsifeness, assurance, emphati, reliability, tarif jasa, nisbah bagi hasil dan produk) sebesar 65 %. Dan sebesar 35 % (100%-65%) variabel dependen (kepuasan) dipengaruhi oleh sebabsebab atau variabel-variabel lain. Secara parsial berdasarkan uji t variabel tangible dan reliability berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan anggota. Sementara, responsifeness, assurance, emphati, nisbah bagi hasil dan produk positif dan tidak signifikan, dan pada variabel tarif jasa berpengaruh negatif tidak signifikan terhadap kepuasan anggota. Berdasarkan uji F menunjukan bahwa secara simultan atau bersama-sama variabel dalam penelitian ini yaitu tangible, responsiveness, assurance, emphaty, reliability, tarif jasa, nisbah bagi hasil dan produk berpengaruh terhadap variabel dependen (kepuasan anggota) date: 2014-06-09 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/3/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/4/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/5/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/6/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/11/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/12/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/13/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/14/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/17/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/18/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/19/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/20/small.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/21/lightbox.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/22/preview.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/23/medium.jpg format: other language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13449/24/small.jpg identifier: WACHID NURUL MASHUDI, NIM. 10390077 (2014) PENGARUH KUALITAS JASA , TARIF JASA, NISBAH BAGI HASIL DAN PRODUK TERHADAP KEPUASAN ANGGOTA PENABUNG DI BMT BIF GEDONGKUNING YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.