TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. A. Yusuf Khoiruddin, SE, M.Si. ID - digilib13476 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13476/ A1 - SITI USNIATUN, NIM. 09390017 Y1 - 2014/06/18/ N2 - Kepuasan nasabah menabung menjadi tolak ukur penting untuk keberlanjutan aktivitas penghimpunan dana dalam sebuah bank syariah. Kepuasan nasabah menabung dapat diukur melalui beberapa indikator, seperti keefektifan dan jaminan, akses, harga, keterwujudan, kehandalan, dan portofolio jasa dari sebuah bank syariah. Kepuasan adalah perbandingan antara harapan nasabah sebelum menggunakan jasa dan hasil setelah menggunakan jasa. Jika hasil melebihi harapan, nasabah akan puas. Sebaliknya, jika hasil kurang dari harapan maka nasabah tidak puas. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh variabel (1) keefektifan dan jaminan, (2) akses, (3) harga, (4) keterwujudan, (5) kehandalan dan (6) portofolio jasa secara simultan dan parsial terhadap kepuasan nasabah iB Hasanah di BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta. Data yang digunakan adalah data primer melalui kuesioner, wawancara dan observasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan cara purposive sampling. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode regresi linier berganda menggunakan alat bantu SPSS for windows 17,0. Penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel keefektifan dan jaminan, akses, harga, keterwujudan, kehandalan, dan portofolio jasa secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah iB Hasanah di BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta. Secara parsial variabel keefektifan dan jaminan, keterwujudan dan portofolio jasa berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah iB Hasanah di BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta, sedangkan variabel harga, akses, dan kehandalan tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah iB Hasanah di BNI Syariah Kantor Cabang Yogyakarta. Hasil pengujian ini menghasilkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,525, Artinya 52,5% variasi kepuasan nasabah iB Hasanah dapat dijelaskan oleh enam variabel keefektifan dan jaminan, akses, harga, keterwujudan, kehandalan, dan portofolio jasa. Sisanya 47,5% (100% - 52,5%) dijelaskan oleh variabel lain diluar model. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: keefektifan dan jaminan KW - akses KW - harga KW - keterwujudan KW - kehandalan KW - dan portofolio jasa KW - kepuasan nasabah iB Hasanah M1 - skripsi TI - PENGARUH KUALITAS PELAYANAN PERBANKAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH TABUNGAN IB HASANAH (STUDI KASUS PADA PT. BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG YOGYAKARTA) AV - restricted ER -