TY - THES N1 - Pembimbing : Dra. Hj. Widyarini, MM, Muh. Ghafur Wibowo, SE, M.Sc ID - digilib13496 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13496/ A1 - IRMA FITRIYANI , NIM. 09390167 Y1 - 2014/06/16/ N2 - Kepuasan pelanggan menjadi penting dalam kelangsungan hidup suatu usaha, terutama untuk lembaga keuangan syariah seperti BMT. Kepuasan anggota menjadi sasaran dan sebagai alat pemasaran yang utama bagi perusahaan dalam bidang jasa. Perusahaan melakukan berbagai upaya untuk dapat bersaing dan bertahan menghadapi persaingan yaitu dengan memberikan pelayanan sebaikbaiknya agar konsumen bertahan dan merasa puas. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan anggota penabung di BMT Bina Ikhsanul Fikri Cabang Nitikan Yogyakarta. Penelitian ini mengukur faktor-faktor kepuasan anggota BMT dengan variabel independen yaitu responsiveness (daya tanggap), reliability (keandalan), emphaty (empati), dan assurance (jaminan). Penelitian ini merupakan penelitian yang datanya diperoleh melalui kuesioner. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan SPSS 16.0 for Windows. Berdasarkan hasil analisis dan olah data, dapat diketahui bahwa variabelvariabel responsiveness (daya tanggap), reliability (keandalan), emphaty (empati), dan assurance (jaminan) secara simultan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota BMT. Secara parsial, variabel reliability (keandalan) dan assurance (jaminan) berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota BMT. Sedangkan variabel responsiveness (daya tanggap) dan emphaty (empati) tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan anggota BMT. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata kunci: Responsiveness (daya tanggap) KW - reliability (keandalan) KW - emphaty (empati) KW - assurance (jaminan) KW - dan Kepuasan Anggota Penabung di BMT Bina Ihsanul Fikri Cabang Nitikan Yogyakarta M1 - skripsi TI - FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUASAN ANGGOTA BMT (STUDI PADA ANGGOTA PENABUNG DI BMT BINA IHSANUL FIKRI CABANG NITIKAN YOGYAKARTA) AV - restricted ER -