@phdthesis{digilib13516, month = {June}, title = {PRESTASI BELAJAR AQIDAH AKHLAK DITINJAU DARI KEMAMPUAN MENGHAFAL AL-QUR?AN DAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MADRASAH ALIYAH ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10410097 FAUZIYAH NUR }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Eva Latipah, M. Si }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13516/}, abstract = {FAUZIYAH NUR. Prestasi Belajar Aqidah Akhlak Ditinjau dari Kemampuan Menghafal Al-Qur?an dan Kecerdasan Spiritual Siswa Madrasah Aliyah Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah pentingnya prestasi belajar yang dimiliki oleh siswa. Namun kenyataan yang terjadi pada zaman sekarang, prestasi belajar Aqidah Akhlak belum menjadi perhatian pelajar dalam belajar di sekolah. Diduga siswa yang memiliki kemampuan menghafal Al-Qur?an dan kecerdasan spiritual yang baik maka prestasi belajar Aqidah Akhlaknya juga baik. Selain itu latar belakang mengapa penulis melakukan penelitian di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta dikarenakan prestasi belajar Aqidah Akhlak yang dicapai oleh siswa yang dijadikan subjek dalam penelitian ini tergolong baik, dengan adanya kegiatan hafalan Al-Qur?an yang dilakukan oleh siswa dan adanya unsur-unsur kepribadian yang dimiliki oleh siswa karena siswa tersebut juga sebagai santri pondok pesantren Krapyak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara kemampuan menghafal Al-Qur?an dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak, hubungan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak, dan hubungan antara kemampuan menghafal Al- Qur?an dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak secara bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah siswa MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta yang berjumlah 572. Pengambilan sample dilakukan dengan tekhnik Sampling Purposive karena peneliti hanya akan meneliti siswa perempuan MA Ali Maksum Krapyak yang menghafalkan Al-Qur?an yang berjumlah 68. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan dokumentasi. Hasil analisis validitas kecerdasan spiritual menunjukkan dari 40 butir angket terdapat 30 butir terbukti valid, sedang reliabilitas sebesar 0,897 dan dinyatakan reliabel. Analisis data berupa analisis korelasi dan regresi ganda. Namun sebelum dilakukan analisis dilakukan uji prasarat yang meliputi uji normalitas, uji linieritas dan uji multikolonieritas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kemampuan menghafal Al-Qur?an dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak. Semakin baik kemampuan menghafal Al-Qur?an yang dimiliki siswa, maka semakin baik pula prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa. 2) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak. Semakin baik kecerdasan spiritual yang dimiliki siswa, maka semakin baik pula prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa. 3) terdapat korelasi yang positif dan signifikan antara kemampuan menghafal Al-Qur?an dan kecerdasan spiritual dengan prestasi belajar Aqidah Akhlak secara bersama-sama. Semakin baik kemampuan menghafal Al-Qur?an dan kecerdasan spiritual yang dimiliki siswa, maka semakin baik pula prestasi belajar Aqidah Akhlak siswa. } }