%0 Thesis %9 Skripsi %A FAJRIA HIDAYATUN MARFU’AH , NIM. 10410079 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:13517 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI MUATAN SPIRITUAL DALAM KURIKULUM 2013 KELAS IV SD BANTUL TIMUR KABUPATEN BANTUL %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13517/ %X FAJRIA HIDAYATUN MARFU’AH. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Muatan Spiritual dalam Kurikulum 2013 Kelas IV SD Bantul Timur Kabupaten Bantul. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang skripsi ini bahwa saat ini persoalan moral banyak terjadi. Hal ini dikarenakan pendidikan hanya berorientasi pada materi, spiritualisme sebagai sumber makna pendidikan terabaikan. Permasalahan juga terjadi di SD Bantul Timur, pelaksanaan ibadah sholat menurut siswa adalah persoalan mendapatkan hasil nilai, bukan timbul dari kesadaran diri-sendiri. Pembelajaran spiritual berperan menanamkan semangat dan kecintaan terhadap agama. Dengan pembelajaran bermuatan spiritual diharapkan mampu menanamkan sikap spiritual. Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian tentang pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang bermuatan spiritual dalam kurikulum 2013 kelas IV di SD Bantul Timur. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SD Bantul Timur. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Uji keabsahan data dengan triangulasi dan menggunakan bahan referensi sebagai adanya data pendukung untuk membuktikan data yang telah ditemukan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang bermuatan spiritual dalam kurikulum 2013 kelas IV di SD Bantul Timur terdapat penanaman sikap spiritual, terbagi menjadi tiga yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada perencanaan, rumusan kompetensi dasar yang dicapai melalui kompetensi dasar Kompetensi Inti 3 dan Kompetensi Inti 4 dalam RPP. Pada pelaksanaan, ketika pembelajaran berlangsung terdapat penanaman sikap spiritual secara tidak langsung. Pada evaluasi, penilaian sikap tersirat pada penilaian pengetahuan dan keterampilan. (2) Hasil pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang bermuatan spiritual dalam kurikulum 2013 kelas IV di SD Bantul Timur telah memenuhi indikator pencapaian sikap spiritual dalam pembelajaran. (3) Kendala pelaksanaan pembelajaran PAI dan Budi Pekerti yang bermuatan spiritual dalam kurikulum 2013 kelas IV di SD Bantul Timur, yaitu guru belum siap untuk mengimplementasikan kurikulum 2013, kurangnya pengetahuan tentang penggunaan multimedia dan teknologi informasi, kurangnya sosialisasi tentang implementasi kurikulum 2013, perangkat pembelajaran kurikulum 2013 belum maksimal, heterogenitas siswa berpengaruh pada penyampaian pembelajaran dan interaksi sosial. %Z Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.