%0 Thesis %9 Skripsi %A DWI NUR UMI RAHMAWATI, NIM. 10480030 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:13523 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci: Implementasi, Ekstrakurikuler, Jarimatika %T IMPLEMENTASI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER JARIMATIKA DI KELAS I B MIN TEMPEL NGAGLIK SLEMAN YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13523/ %X Dwi Nur Umi Rahmawati, “Implementasi Pembelajaran Berhitung Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Jarimatika di Kelas I B MIN Tempel Ngaglik Sleman Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan proses pembelajaran berhitung melalui kegiatan ekstrakurikuler jarimatika; (2) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat dalam pembelajaran berhitung melalui kegiatan ekstrakurikuler jarimatika di kelas I B MIN Tempel Ngaglik Sleman Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan bermanfaat bagi pihak Madrasah dan pembimbing kegiatan ekstrakurikuler sebagai bahan evaluasi sekaligus masukan sehubungan dengan adanya kegiatan ekstrakurikuler jarimatika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan dengan mengambil latar di MIN Tempel. Penelitian menguraikan hasil yang didasarkan pada data yang diperoleh dari lapangan dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentansi. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: proses pelaksanaan pembelajaran berhitung melalui kegiatan ekstrakurikuler jarimatika di kelas I B meliputi komponen pembelajaran yakni tujuan, materi, metode, sumber belajar, media dan evaluasi. Pelaksanaan pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Serta hasil pelaksanaan pembelajaran berhitung dengan nilai rata-rata mid semester peserta didik mencapai 83 lebih besar dari nilai KKM (>=75). Selain itu, kemampuan motorik yang dimiliki peserta didik rata-rata berpredikat lancar (L). Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran berhitung melalui kegiatan ekstrakurikuler jarimatika ialah adanya interaksi yang baik antara guru pembimbing dan peserta didik, kesiapan belajar yang mantap, metode pembelajaran yang sesuai, pelatihan yang berkesinambungan, ketelitian mengerjakan latihan soal dan pemahaman konsep jarimatika. Sedangkan faktor penghambat dalam pembelajaran berhitung melalui kegiatan ekstrakurikuler jarimatika adalah waktu pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler yang kurang kondusif, keadaan dan situasi peserta didik yang tidak konstan serta kurangnya persiapan dari guru ekstrakurikuler dalam pembelajaran. %Z Pembimbing : Dra. Nuraini Kusumastuti