eprintid: 13526 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/35/26 datestamp: 2014-07-08 07:38:59 lastmod: 2017-05-04 06:38:57 status_changed: 2014-07-08 07:38:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: ADE IRAWAN , NIM. 08420150 title: TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN MEMBACA (QIRĀ’AH) BAHASA ARAB ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted note: Pembimbing : Dr. H. Nazri Syakur, M.A. abstract: Ade Irawan. Teori Belajar Konstruktivisme dan Implikasinya dalam Pengajaran Membaca (qirā‟ah) Bahasa Arab. Skripsi, Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis konsep tentang teori belajar konstruktivisme yang disebut juga dengan proses organisasi dan proses adaptasi, serta implikasi teori belajar tersebut dalam pengajaran membaca (qirā‟ah) bahasa Arab. Penelitian yang penulis kerjakan merupakan sebuah penelitian kualitatif dan merupakan sebuah penelitian pustaka (Library Research), yang dalam hal ini mengkaji tentang sebuah teori belajar yang telah dirumuskan seorang tokoh bernama Jean Piaget, oleh karena itu dalam pengumpulan data, penulis menggunakan teknik dokumentasi yaitu dengan mengambil data-data, penulis menggunakan teknik dokumentasi yaitu dengan mengambil data dari bahan-bahan tertulis seperti buku, majalah, artikel, internet serta sumber-sumber lainnya yang terkait dengan penelitian ini. Adapun dalam menganalisa data-data tersebut penulis menggunakan metode analisa isi (content analisys) yang disajikan secara kualitatif dengan menggunakan cara berfikir deduktif. Dari hasil penelitian dapat disimpukan: 1). Teori Konstruktivisme yang disebut juga teori belajar konstruktivisme Piaget, merupakan sebuah teori belajar yang berpusat pada siswa dengan membentuk pengetahuannya, proses asimilasi dan akomodasi terhadap skema ini diatur otomatis oleh keseimbangan dalam pikiran siswa. Dengan cara ini pengetahuan siswa selalu berkembang. 2). Implementasi teori belajar konstruktisme membawa implikasi baik terhadap peserta didik, pengajar maupun materi dan cara penyampaian pelajaran, dimana implikasi tersebut mencakup perihal proses belajar , proses mengajar, dan teknik pengjaran memabaca (qirā‟ah). date: 2014-06-19 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: ADE IRAWAN , NIM. 08420150 (2014) TEORI BELAJAR KONSTRUKTIVISME DAN IMPLIKASINYA DALAM PENGAJARAN MEMBACA (QIRĀ’AH) BAHASA ARAB. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13526/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13526/2/BAB%20II%2C%20III.pdf