eprintid: 13527 rev_number: 11 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/35/27 datestamp: 2014-07-08 07:43:46 lastmod: 2014-07-08 07:43:46 status_changed: 2014-07-08 07:43:46 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AGUS MUSTOFAH, NIM. 08470145 title: UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: tykpi divisions: jur_kis full_text_status: restricted note: Pembimbing : Dr. Ahmad Arifi, M.Ag. abstract: Agus Mustofah. Upaya Guru PAI dalam Menanamkan Pendidikan Multikultural di SMA PIRI 1 Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Kependidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa banyaknya fenomena di masyarakat yang telah terjadi perselisihan dan konflik antar individu maupun kelompok yang disebabkan oleh mengatas namakan perbedaan. Sangat lebih memprihatinkan lagi para generasi bangsa seperti para pemuda dan pelajar juga menunjukkan anarkisnya dalam kehidupan di masyarakat maupun di sekolah, seperti saling mencaci, perkelahian dan tawuran yang berujung pada pembunuhan. Sama halnya juga di masa lalu antara SMA PIRI 1 dengan STM PIRI 1 sering terjadi perselisihan dan tawuran. Karena memang beranekaragamnya warga PIRI termasuk SMA PIRI 1, dari hal latar belakang sosial, agama serta kelompok agama, sehingga perlu adanya model pendidikan agama Islam yang membina kebersamaan dan persatuan. Ditambah lagi adanya konflik-konflik di Indonesia yang yang bersinggungan dengan kelompok Ahmadiyah, sangat berpengaruh juga terhadap citra nama baik dan eksistensi lembaga pendidikan seperti SMA PIRI 1 Yogyakarta yang berada di bawah yayasan Ahmadiyah. Jika kita cermati secara umum peran penting pendidikan di Indonesia, khususnya pendidikan agama Islam dalam menjunjung tinggi pancasila, UUD’45 dan bineka tunggal ika kurang lagi diperhatikan. Praktek pendidikan yang terjadi saat ini mengidentifikasikan masih kurang efektifnya pendidikan agama yang diterima dalam pendidikan formal. Banyak juga terjadi penyimpangan dan pelanggaran nilai-nilai agama dalam kehidupan sehari-hari dikarenakan pendidikan di Indonesia lebih didominasi oleh metode dan materi pelajaran yang menekankan pada aspek kognitif saja. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan mengambil latar di SMA PIRI 1 Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Yang kemudian analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap hasil data yang telah dikumpulkan. Dan dari makna itulah ditarik kesimpulan untuk menyususn hasil karya yang juga bisa digunakan sebagai panduan pengembangan pembelajaran PAI yang berwawasan multikultural di sekolah-sekolah lainnya. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan trianggulasi sumber dan perpanjangan keikutsertaan dalam penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: (1) bahwa masyarakat SMA PIRI 1 Yogyakarta cukup heterogen dilihat dari latar belakang mereka yang beraneka ragam meskipun dalam aspek agama hanya ada 1 siswa yang non muslim. Dan Islam menjadi agama mayoritas dengan beraneka ragam aliran atau oraganisasi seperti NU, Muahamdiyah, Ahmadiyah, abangan dan sebagainya. (2) model pembelajaran PAI di SMA PIRI berbasis pengalaman dan berwawasan multikultural. Dengan upaya penerapan dan penanaman pendidikan multikultural dilakukan guru PAI di dalam kelas saat KBM dan di luar kelas dengan pendekatan, kunjungan dan baktisosial. (3) faktor penghambatnya yaitu dari faktor siswa, latar belakang keluarga dan lingkungan sekolah SMA PIRI 1 sendiri. Untuk faktor pendukungnya adalah kebijakan dan dukungan dari Yayasan PIRI dan kepala sekolah yang cukup kuat. date: 2014-06-03 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: AGUS MUSTOFAH, NIM. 08470145 (2014) UPAYA GURU PAI DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL DI SMA PIRI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/11/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/12/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/13/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/14/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/17/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/18/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/19/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/20/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/21/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/22/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/23/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13527/24/small.jpg