eprintid: 13529 rev_number: 30 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/35/29 datestamp: 2014-07-08 07:50:56 lastmod: 2017-08-02 04:34:35 status_changed: 2014-07-08 07:50:56 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AHMAD FIKRI AJI PAMILU, NIM. 10410065 title: ANALISIS BUTIR SOAL PADA ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS X MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2013/2014 ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted keywords: Kata kunci : Analisis butir soal, tes, validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, fungsi pengecoh, tindak lanjut. note: Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd abstract: Ahmad Fikri Aji Pamilu, Analisis Butir Soal Tes Pada Ulangan Akhir Semester Gasal Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas X MAN Yogyakarta III Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Evaluasi yang baik harus dapat meningkatkan proses dan hasil belajar mengajar, sehingga evaluasi yang diberikan harus memperhatikan kualitas tes yang baik. Tes dengan kualitas yang baik akan memiliki butir-butir soal yang baik. Baik tidaknya soal juga ditentukan oleh kemampuan guru dalam menyusun instrumennya. Permasalahanya adalah soal UAS ini disusun oleh MGMP dan masih cukup banyak siswa yang mendapat nilai dibawah standar penilaian yaitu 7,5. Oleh karena itu setelah proses evaluasi dilakukan, seorang guru perlu melakukan tindak lanjut yaitu dengan menganalisis hasil yang telah diperoleh. Dalam hal ini dilakukan suatu analisis butir soal, yaitu pengkajian pertanyaan tes agar diperoleh perangkat pertanyaan yang memiliki kualitas memadai. Dengan analisis butir soal ini bertujuan untuk menguji kualitas butir soal dari aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan fungsi pengecoh butir soal. Selain itu, penelitian ini juga memberikan tindak lanjut terhadap hasil analisis butir soal tersebut. Jenis penelitian ini adalah termasuk penelitian kuantiatif karena data penelitiannya berupa angka-angka dan juga merupakan penelitian lapangan yang mengambil latar MAN Yogyakarta III. Sedangkan pengumpulan datanya dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penganalisisan data statistiknya dengan menggunakan program ITEMAN dan ANATES. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa untuk 1) validiatas soal Ulangan Akhir Semester Gasal termasuk pada kategori yang baik, karena 22 (57,7%) butir soal dinyatakan valid. 2) Nilai reliabilitas untuk soal pilihan ganda diketahui koefisien reliabilitasnya (r11) sebesar 0,469, untuk soal uraian diketahui r11 sebesar 0,112, sehingga untuk soal UAS tersebut dinyatakan belum reliabel. 3) Tingkat kesukaran soal termasuk pada kategori soal yang mudah, karena 23 (51,1%) butir soal termasuk kategori mudah. 4) Daya pembeda butir soal yang termasuk jelek sebanyak 21 butir soal, 10 butir soal termasuk sedang, 10 butir soal termasuk baik, dan 4 butir soal termasuk dalam kategori negatif. 5) Fungsi Pengecoh belum dikatakan baik karena hanya 40,66% distraktor yang mampu menjalankan fungsinya dengan baik. 6) Tindak lanjut terhadap hasil analisis butir soal dapat dilakukan dengan perbaikan butir soal yang disesuaikan dengan faktor penyebab buruknya kualitas butir soal tersebut. Dan tindak lanjut terhadap butir soal yang sudah layak (diterima) dan sudah direvisi adalah didata dan disimpan dibagian evaluasi untuk selanjutnya dapat digunakan kembali untuk menyusun soal UAS tahun selanjutnya. date: 2014-06-08 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: AHMAD FIKRI AJI PAMILU, NIM. 10410065 (2014) ANALISIS BUTIR SOAL PADA ULANGAN AKHIR SEMESTER GASAL MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK KELAS X MAN YOGYAKARTA III TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13529/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13529/2/BAB%20II%2C%20III.pdf