eprintid: 1353 rev_number: 16 eprint_status: archive userid: 82 dir: disk0/00/00/13/53 datestamp: 2012-06-06 11:12:10 lastmod: 2017-03-31 06:46:23 status_changed: 2012-05-04 16:40:51 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: IKA RAHMAWATI - NIM. 03420276 , title: PERANAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA 2007/2008 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Motivasi intrinsik, prestasi belajar, bahasa Arab note: Pembimbing : Drs. Dudung Hamdun, M.Si. abstract: ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan motivasi Intrinsik terhadap prestasi belajar bahasa Arab kelas X dan XI IPA, IPS di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Siswa Madrasah Aliyah Wahid Hasyim berjumlah 89 siswa yang tersebar di lima kelas yaitu satu kelas X, dua kelas XI, dan dua kelas XII yang terbagi dalam dua jurusan yaitu IPA dan IPS. Sampel penelitian ini terdiri atas 55 siswa yang diambil dari 3 kelas yaitu X, XI IPA, XI IPS, teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Dengan penelitian ini di harapkan dapat membrikan masukan tentang pentingnya motivasi intrinsik untuk di miliki oleh seorang siswa untuk mencapai hasil yang maksimal. Data prestasi belajar siswa diperoleh dari hasil ujian tengah semester, sedangkan data motivasi Intrinsik diperoleh dengan metode angket, observasi dan wawancara. Metode angket, dengan memberikan pernyataan berjumlah 48 pernyataan yang harus di beri check oleh siswa, Metode observasi digunakan untuk memperoleh data tentang letak geografis, keadaan dan kondisi sekolah secara umum, dan keadaan proses pembelajaran di dalam kelas. Sedangkan metode wawancara digunakan untuk mendukung data agar lebih mendapatkan data yang sebenarnya (asli). Analisis yang digunakan dalam mengintepretasikan data angket adalah korelasi product moment. Hasil analisis menunjukkan : 1). Motivasi Intrinsik siswa kelas X, XI IPA dan IPS dalam pelajaran Bahasa Arab di Madrasah Aliyah Wahid HasyimYogyakarta termasuk dalam kategori cukup tinggi, 2). Terdapat peranan motivasi Intrinsik terhadap prestasi belajar bahasa Arab kelas X dan XI IPA, IPS di Madrasah Aliyah Wahid Hasyim Yogyakarta. Hal ini menunjukkan bahwa teori tentang motivasi intrinsik masih relevan digunakan dalam proses belajar mengajar. date: 2008-07-23 date_type: published institution: UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta department: Fakultas Tarbiyah thesis_type: skripsi thesis_name: other refereed: TRUE referencetext: update terakhir : 2008-07-23 15:49:41 ; nama file diserver lama : digilib-uinsuka--ikarahmawa-985-1-ikarahm-b.pdf ; letak file diserver lama : ./files/disk1/20/digilib-uinsuka--ikarahmawa-985-1-ikarahm-b.pdf ; url download server lama : /download.php?id=1134 ; nama file lama : IKA RAHMAWATI 03420276 PERANAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB.pdf ; format file : application/pdf ; besar file : 3098282 Kb. penulis : ; Copyright (c) 2008 by Perpustakaan Digital UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Verbatim copying and distribution of this entire article is permitted by author in any medium, provided this notice is preserved. citation: IKA RAHMAWATI - NIM. 03420276 , (2008) PERANAN MOTIVASI INTRINSIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH WAHID HASYIM YOGYAKARTA 2007/2008. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1353/1/BAB%201%2C%20BAB%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1353/2/BAB%20II%2C%20BAB%20III.pdf