@phdthesis{digilib13534, month = {March}, title = {UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR DENGAN MENGGUNAKAN STRATEGI TWO STAY TWO STRAY PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VII C DI MTsN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 09420046 ANIYATUL MASLAKHAH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : DRSH. Syamsudin Asyrofi, MM }, keywords = {Kata Kunci: Keaktifan Belajar siswa, Strategi two stay two stray, Pembelajaran bahasa Arab }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13534/}, abstract = {ANIYATUL MASLAKHAH. Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar dengan Menggunakan Strategi Two Stay Two Stray dalam Pembelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VII C MTsN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Prodi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang dari penelitian ini adalah bahwa pembelajaran pada saat ini sangat memerlukan pembelajaran yang berperan aktif dan berpartisipasi. Siswa perlu menggeser peran yang sekedar sebagai penerima pasif mengenai berbagai informasi menuju pencarian yang aktif diberbagai ilmu pengetahuan. Olehkarena, itu keaktifan siswa sangat diperlukan didalam pembelajaran sehingga siswalah yang seharusnya bergerak banyak aktif, karena siswa sebagai subyek dan peserta didik yang melaksanakan tugas belajar. Namun dalam kenyataannya pembelajaran bahasa Arab kelas VII C MTsN Wonokromo Bantul berlangsung secara konvesional sehingga keaktifan siswa didalam kelas sangat kurang maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi two stay two stray untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa dalam pembelajaran bahasa Arab di MTsN Wonokromo Bantul. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus ada empat tahapan yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Subyek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII C MTsN Wonokromo Bantul yang berjumlah 34 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, wawancara, dokumentasi, observasi, serta post-test dan fre-test. Keaktifan siswa dapat dilihat dari hasil penelitian dengan menggunakan strategi two stay two stray adalah 1) Terjalinnya keakraban antara siswa dan guru, 2) Kerjasama dengan teman sekelompok, 3) Keinginan dalam keberanian dan berpartisipasi, 4) Adanya usaha dan kreatifitas, 5) Mengerjakan soal dan tugas, 6) Motivasi dalam mengikuti pelajaran. Pada siklus I keaktifan siswa belajar bahasa Arab juga meningkat sebesar 79,10\% dan pada siklus II lebih meningkat menjadi 89,48\%. Dengan demikian keaktifan siswa belajar bahasa Arab mengalami peningkatan sebesar 10,38\%. Hal tersebut menunjukkan bahwa penerapan strategi two stay two stray dalam pembelajaran bahasa Arab kelas VII C MTsN Wonokromo Bantul mengalami peningkatan yaitu dari kategori tinggi menjadi sangat tinggi. } }