%A NIM. 09470115 ANNA PRIYANTI %O Pembimbing : Prof. Dr. Abd. Rachman Assegaf %T KONSEP PENDIDIK DALAM BUKU “GURU SUPER INDONESIA” KARYA MARIO TEGUH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM %X Anna Priyanti. Konsep Pendidik dalam Buku “Guru Super Indonesia” Karya Mario Teguh dan Relevansinya dengan Pendidikan Islam. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2014. Penelitian ini memiliki latar belakang mengenai konsep pendidik dalam mengembangkan mutu pendidikan dan mutu peserta didik. Dengan adanya konsep pendidik yang tepat, juga diharapkan mampu memecahkan permasalahan dalam pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan tentang konsep pendidik yang terkandung dalam buku Guru Super Indonesia karya Mario Teguh guna meningkatkan kualitas pendidikan, 2) Mengetahui relevansi dari konsep pendidik dalam buku Guru Super Indonesia karya Mario Teguh dengan Pendidikan Islam. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan Interpretasi Pendidikan Islam. Artinya penulis menganalisis buku Guru Super Indonesia karya Mario Teguh lalu mengaitkannya dengan Pendidikan Islam.. Hasil penelitian ini adalah 1) Kriteria pendidik dalam buku Guru Super Indonesia adalah seorang yang pandai mendidik, mengajar, mengevaluasi, motivator, berakal sehat, kuat agamanya, berakhlak mulia, menarik, berwibawa, sabar, berwawasan luas, dan halus tutur katanya. Seorang pendidik harus mampu berperan sebagai pengembang kepribadian dan kualitas hidup siswa, sebagai pemimpin yang adil dan demokratis, sebagai motivator serta menginspirasi, dan sebagai pengabdi yang tulus ikhlas pada kemajuan bangsa dan pengemban misi agama. 2) Konsep pendidik yang terdapat dalam buku Guru Super Indonesia terdapat kesuaian dengan konsep pendidik dalam pendidikan Islam menurut beberapa pemikir Pendidikan Islam. %K Kata kunci: Pendidik, Guru Super, Pendidikan Islam %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib13535