%0 Thesis %9 Skripsi %A ARIE DWI NUGRAHA, NIM. 10410052 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:13536 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci: Motivasi, Jilbab dan Perilaku keagamaan %T ANALISIS MOTIVASI PEMAKAIAN JILBAB DAN DAMPAKNYA TERHADAP PERILAKU KEAGAMAAN SISWI PUTRI SMA NEGERI 1 SEDAYU %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13536/ %X Arie Dwi Nugraha. Analisis Motivasi Pemakaian Jilbab dan Dampaknya terhadap Perilaku Keagamaan Siswa Putri SMA Negeri 1 Sedayu. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam,Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini berawal dari banyaknya siswi putri yang berpakaian ketat dalam berseragam sekolah yang berdampak buruk bagi perilaku keagamaan siswi. Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Sedayu dengan alasan bahwa SMA N 1 Sedayu terdapat beragam siswi dari berbagai latar belakang. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan motivasi siswi memakai jilbab, 2) Mengetahui dampak pemakaian jilbab terhadap perilaku keagamaan siswa putri SMA Negeri 1 Sedayu. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, melalui penelitian lapangan (field research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, metode observasi dan metode dokumentasi. Analisis data dalam penelitian kualitatif ini menggunakan analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen pokok yaitu reduksi data, sajian data dan penarikan kesimpulan dengan verifikasinya. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Motivasi memakai jilbab siswi SMA Negeri 1 Sedayu lebih berdasarkan faktor ekstrinsik yaitu adanya tata tertib sekolah, mengikuti mode atau tren sekarang, dan perintah orang tua, sedangkan dari faktor intrinsik adalah terlihat rapi dan sopan dan untuk menutup aurat. 2. Dampak pemakaian jilbab terhadap perilaku keagamaan ada 3 indikator yaitu dimensi keyakinan, dimensi pengetahuan agama dan dimensi praktek, dari dimensi keyakinan bahwa keyakinan beragama siswi tergolong baik karena siswi memahami islam adalah agama yang benar dan masuk akal, dari dimensi pengetahuan agama bahwa siswi mempunyai pengetahuan agama yang bervariasi dan cukup luas mengenai hukum dan menjaga diri dari pergaulan bebas dan zina, dan dari dimensi praktek bahwa praktek siswi dalam menjalankan shalat tergolong baik ditambah dengan kegiatan yang lain seperti tadarus, shalawatan dan shalat dhuha. %Z Pembimbing : Sri Purnami S.Psi MA