relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13538/
title: PROFIL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IDEAL  DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA  DI SMA NEGERI 4 MAGELANG    
creator: BARA RESDA KURNIAWAN , NIM. 10410009
subject: Pendidikan Agama Islam
description: BARA RESDA KURNIAWAN. Profil Guru Pendidikan Agama  Islam Ideal dan Implikasinya terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA  Negeri 4 Magelang. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam  Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar  belakang penelitian ini adalah dewasa ini sering terjadi tawuran antar  siswa, narkoba beredar di kalangan siswa, dan lain-lain. seorang guru  Pendidikan Agama Islam penting untuk menjadi ideal karena guru  Pendidikan Agama Islam yang ideal dapat dengan mudah memasukkan  nilai-nilai Islami kedalam diri siswa. Selain itu, masa remaja adalam  masa rentan, karena pada masa ini remaja berada dalam fase mencari jati  diri. Oleh karena itu, remaja membutuhkan seseorang yang dapat  mengarahkan dan mengingatkan mereka ketika mereka melakukan  kesalahan sehingga mereka bisa menjadi generasi yang Islami dan  cerdas. Itulah pentingnya guru Pendidikan Agama Islam yang ideal.  Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana profil guru  Pendidikan Agama Islam yang ideal menurut siswa SMA Negeri 4  Magelang, dan bagaimana implikasi guru Pendidikan Agama Islam yang  ideal terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 4 Magelang.  Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana profil guru  Pendidikan Agama Islam ideal menurut siswa SMA Negeri 4 Magelang  dan implikasinya terhadap motivasi belajar siswa.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan  mengambil latar SMA Negeri 4 Magelang. Pengumpulan data dilakukan  dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan  pembagian angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna  terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik  kesimpulan.  Hasil penelitian menunjukkan (1)Profil guru Pendidikan Agama  Islam yang ideal menurut siswa-siswi SMA Negeri 4 Magelang adalah  guru yang mempunyai konsisten dan komitmen dalam bersikap, guru  yang dapat memberi teladan, guru yang rendah hati, seorang guru yang  menghargai proses, seorang guru yang mempunyai sifat jujur, dan guru  yang menggunakan bahasa cinta dan kasih sayang. (2)Implikasi guru  Pendidikan Agama Islam ideal terhadap motivasi belajar siswa adalah  terjadi peningkatan, hal ini dapat dibuktikan dengan bertambahnya siswa  yang memperhatikan guru ketika mengajar, bertambahnya siswa yang  bertanya, dan semakin sedikitnya siswa yang bermain handphone,  mengantuk di kelas, maupun yang ramai sendiri ketika dikelas.    
date: 2014-06-16
type: Thesis
type: NonPeerReviewed
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13538/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
format: text
language: en
identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13538/2/BAB%20II%2C%20III.pdf
identifier:   BARA RESDA KURNIAWAN , NIM. 10410009  (2014) PROFIL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IDEAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 MAGELANG.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.