TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Nur Hamidi, MA ID - digilib13538 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13538/ A1 - BARA RESDA KURNIAWAN , NIM. 10410009 Y1 - 2014/06/16/ N2 - BARA RESDA KURNIAWAN. Profil Guru Pendidikan Agama Islam Ideal dan Implikasinya terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMA Negeri 4 Magelang. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah dewasa ini sering terjadi tawuran antar siswa, narkoba beredar di kalangan siswa, dan lain-lain. seorang guru Pendidikan Agama Islam penting untuk menjadi ideal karena guru Pendidikan Agama Islam yang ideal dapat dengan mudah memasukkan nilai-nilai Islami kedalam diri siswa. Selain itu, masa remaja adalam masa rentan, karena pada masa ini remaja berada dalam fase mencari jati diri. Oleh karena itu, remaja membutuhkan seseorang yang dapat mengarahkan dan mengingatkan mereka ketika mereka melakukan kesalahan sehingga mereka bisa menjadi generasi yang Islami dan cerdas. Itulah pentingnya guru Pendidikan Agama Islam yang ideal. Yang menjadi permasalahan penelitian ini adalah Bagaimana profil guru Pendidikan Agama Islam yang ideal menurut siswa SMA Negeri 4 Magelang, dan bagaimana implikasi guru Pendidikan Agama Islam yang ideal terhadap motivasi belajar siswa SMA Negeri 4 Magelang. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana profil guru Pendidikan Agama Islam ideal menurut siswa SMA Negeri 4 Magelang dan implikasinya terhadap motivasi belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 4 Magelang. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara mendalam, dokumentasi, dan pembagian angket. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1)Profil guru Pendidikan Agama Islam yang ideal menurut siswa-siswi SMA Negeri 4 Magelang adalah guru yang mempunyai konsisten dan komitmen dalam bersikap, guru yang dapat memberi teladan, guru yang rendah hati, seorang guru yang menghargai proses, seorang guru yang mempunyai sifat jujur, dan guru yang menggunakan bahasa cinta dan kasih sayang. (2)Implikasi guru Pendidikan Agama Islam ideal terhadap motivasi belajar siswa adalah terjadi peningkatan, hal ini dapat dibuktikan dengan bertambahnya siswa yang memperhatikan guru ketika mengajar, bertambahnya siswa yang bertanya, dan semakin sedikitnya siswa yang bermain handphone, mengantuk di kelas, maupun yang ramai sendiri ketika dikelas. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PROFIL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM IDEAL DAN IMPLIKASINYA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 4 MAGELANG AV - restricted ER -