%0 Thesis
%9 Skripsi
%A DIAH RAHMAWATI , NIM. 10410023
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2014
%F digilib:13543
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%T PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM  DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN TANPA KEKERASAN  MELALUI INTERNALISASI NILAI KE-ISLAMAN DAN BUDAYA RELIGIUS  DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA    
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/
%X DIAH RAHMAWATI. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam  Membangun Pendidikan Tanpa Kekerasan Melalui Internalisasi Nilai KeIslaman dan  Budaya Religius di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Agama Islam  Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Maraknya  kekerasan yang terjadi di sekolah, banyak kasus-kasus yang tiap hari muncul dimedia.  Menyadari hal ini sangatlah memperhatikan, seharusnya pendidikan mampu berusaha  menjawab kebutuhan dan tantangan yang muncul di kalangan masyarakat, terutama  pendidikan islam, yang merupakan usaha atau tindakan untuk mengubah tingkah laku  individu dalam merubah alam sekitarnya yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam.  Untuk mengatasi berbagai bentuk kekerasan di sekolah, maka dibutuhkan solusi yang  tepat. Salah satu solusi yang ditawarkan dapat dijadikan sebagai cara alternatif, yaitu  dengan memberikan nilai-nilai keIslaman sehingga tindak kekerasan dapat  ditanggulangi dengan baik.  Dari permasalahan inilah, peneliti melakukan penelitian tentang Peran Guru  Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Pendidikan Tanpa Kekerasan Melalui  Internalisasi Nilai Ke-Islaman dan Budaya Religius. Lokasi yang digunakan dalam  penelitian ini adalah ini SMK PIRI 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah studi  kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jumlah subjek yang diteliti  sebanyak 10 orang, yang terdiri dari kepala sekolah, guru Agama Islam, dan beberapa  peserta didik di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian ini  melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan validitas data  menggunakan, trianggulasi. Analisis data menggunakan kata-kata, karena penelitian  ini bersifat deskriptif.  Hasil penelitian menunjukan: 1). Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI)  dalam membangun pendidikan tanpa kekerasan melalui internalisasi nilai ke-Islaman  dan buaya religius yaitu dengan mengajarkan pembelajaran dengan model PAIKEM  serta memberikan kebiasaan keagamaan (tadarus, shalat dhuha, shalat dzuhur  berjama‟ah, pelatihan kultum, berjabat tangan dan lain sebagainya),serta diberikan  nasehat-nasehat religius perilaku yang santun, cinta damai, kasih sayang itu dapat  tumbuh dalam jiwa peseta didik. 2) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam  mengimplementasi nilai-nilai ke-Islaman dan budaya religius dalam pembelajaran  ternyata mampu memberikan sikap peserta didik lebih semangat untuk mencintai dan  mendalami akan pentingnya manfaat, hikmah nilai-nilai agama untuk dilakukan  dalam kehidupan sehari-hari    
%Z Pembimbing :  Dr. Sabarudin, M.Si