eprintid: 13543 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/35/43 datestamp: 2014-07-10 02:34:16 lastmod: 2014-07-10 02:34:16 status_changed: 2014-07-10 02:34:16 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: DIAH RAHMAWATI , NIM. 10410023 title: PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN TANPA KEKERASAN MELALUI INTERNALISASI NILAI KE-ISLAMAN DAN BUDAYA RELIGIUS DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : Dr. Sabarudin, M.Si abstract: DIAH RAHMAWATI. Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Pendidikan Tanpa Kekerasan Melalui Internalisasi Nilai KeIslaman dan Budaya Religius di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Maraknya kekerasan yang terjadi di sekolah, banyak kasus-kasus yang tiap hari muncul dimedia. Menyadari hal ini sangatlah memperhatikan, seharusnya pendidikan mampu berusaha menjawab kebutuhan dan tantangan yang muncul di kalangan masyarakat, terutama pendidikan islam, yang merupakan usaha atau tindakan untuk mengubah tingkah laku individu dalam merubah alam sekitarnya yang dilandasi dengan nilai-nilai Islam. Untuk mengatasi berbagai bentuk kekerasan di sekolah, maka dibutuhkan solusi yang tepat. Salah satu solusi yang ditawarkan dapat dijadikan sebagai cara alternatif, yaitu dengan memberikan nilai-nilai keIslaman sehingga tindak kekerasan dapat ditanggulangi dengan baik. Dari permasalahan inilah, peneliti melakukan penelitian tentang Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membangun Pendidikan Tanpa Kekerasan Melalui Internalisasi Nilai Ke-Islaman dan Budaya Religius. Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah ini SMK PIRI 1 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Jumlah subjek yang diteliti sebanyak 10 orang, yang terdiri dari kepala sekolah, guru Agama Islam, dan beberapa peserta didik di SMK PIRI 1 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan validitas data menggunakan, trianggulasi. Analisis data menggunakan kata-kata, karena penelitian ini bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukan: 1). Peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membangun pendidikan tanpa kekerasan melalui internalisasi nilai ke-Islaman dan buaya religius yaitu dengan mengajarkan pembelajaran dengan model PAIKEM serta memberikan kebiasaan keagamaan (tadarus, shalat dhuha, shalat dzuhur berjama‟ah, pelatihan kultum, berjabat tangan dan lain sebagainya),serta diberikan nasehat-nasehat religius perilaku yang santun, cinta damai, kasih sayang itu dapat tumbuh dalam jiwa peseta didik. 2) peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengimplementasi nilai-nilai ke-Islaman dan budaya religius dalam pembelajaran ternyata mampu memberikan sikap peserta didik lebih semangat untuk mencintai dan mendalami akan pentingnya manfaat, hikmah nilai-nilai agama untuk dilakukan dalam kehidupan sehari-hari date: 2014-06-12 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: DIAH RAHMAWATI , NIM. 10410023 (2014) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBANGUN PENDIDIKAN TANPA KEKERASAN MELALUI INTERNALISASI NILAI KE-ISLAMAN DAN BUDAYA RELIGIUS DI SMK PIRI 1 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/1/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/3/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/4/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/5/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/6/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/7/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/8/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/9/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/10/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/15/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/16/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/17/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/18/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/19/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/20/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/21/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13543/22/small.jpg