eprintid: 13552 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/35/52 datestamp: 2014-07-10 09:06:12 lastmod: 2014-07-10 09:06:12 status_changed: 2014-07-10 09:06:12 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: LISFIANI KHUSNIA MIFTAHURRAHMAH , NIM. 09410090 title: EFEKTIVITAS MEDIA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH MERTOSANAN KULON ispublished: pub subjects: P divisions: jur_pai full_text_status: restricted note: Pembimbing : Dr. Eva Latipah, M. Si. abstract: LISFIANI KHUSNIA MIFTAHURRAHMAH. Efektivitas Media Bergambar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar pendidikan Agama Islam Siswa Kelas I SD Muhammadiyah Mertosanankulon. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya tingkat prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI). Penyebab rendahnya prestasi belajar PAI salah satunya adalah siswa kurang tertarik untuk mengikuti pelajaran. Karena metode yang biasa diterapkan dalam pembelajaran PAI hanya ceramah tidak menggunakan media apapun. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah apakah media bergambar efektif dalam meningkatkan prestosi belajar. Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas media bergambar dalam meningkatkan prestasi belajar PAI. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan jenis penelitian kuasi eksperimen dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Mertosanan Kulon. Pengumpulan data dilakukan dengan menerapkan media bergambar, tes hasil belajar dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik uji beda (uji-t). Selain menggunakan teknik tersebut, hasil dari olah data secara kuantitatif akan dikroscek melalui wawancara. Hasil wawancara akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis konten. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media bergambar efektif untuk meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam antara lain: peningkatan yang dicapai kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu sebesar 10,26 sedangkan kelas eksperimen sebesar 19,20 setelah dilakukan pre-test dan post-test. Hasil uji t menunjukkan bahwa media bergambar lebih efekif dari pada pembelajaran tanpa menggunakan media bergambar dalam rangka meningkatkan prestasi belajar Pendidikan Agama Islam. Media bergambar dapat meningkatkan prestasi belajar PAI antara lain : media bergambar dapat mempertinggi kualitas proses belajar mengajar yang pada akhirnya dapat mempengaruhi hasil belajar siswa yang lebih baik. Gambar merupakan media visual yang penting dan mudah didapat. Dikatakan penting sebab ia dapat mengganti kata verbal, mengkongkritkan yang abstrak, dan mengatasi pengamatan manusia. Gambar dapat membuat orang dapat menangkap ide atau inforfasi yang terkandung di dalamnya dengan jelas. Lebih jelas dari pada yang diungkapkan oleh kata-kata. date: 2014-06-13 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi citation: LISFIANI KHUSNIA MIFTAHURRAHMAH , NIM. 09410090 (2014) EFEKTIVITAS MEDIA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS I SD MUHAMMADIYAH MERTOSANAN KULON. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/2/BAB%20II%2C%20III.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/2/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/3/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/4/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/5/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/6/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/7/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/8/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/9/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/14/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/15/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/16/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/17/small.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/18/lightbox.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/19/preview.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/20/medium.jpg document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13552/21/small.jpg