@phdthesis{digilib13555, month = {June}, title = { MINAT BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS XI IPS 2 SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKALONGAN TAHUN AJARAN 2013/2014 (TINJAUAN NON LINGUISTIK) }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10420044 MUHAMMAD NUR KHALIMUDDIN }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dudun Hamdun, M.Si. }, keywords = {Kata kunci: Minat Belajar Bahasa Arab, Tinjauan Non Linguistik. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13555/}, abstract = {Muhammad Nur Khalimuddin. Penelitian Lapangan ?Minat Belajar Bahasa Arab Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014 (Tinjauan Non Linguistik)?. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar minat siswa SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan dalam mempelajari bahasa Arab. Karena tidak adanya perkembangan dalam prestasi belajar bahasa Arab siswa dari tahun ke tahun. Faktor dasar yang paling menunjukkan kemauan belajar dan baiknya prestasi belajar adalah timbulnya minat. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field Researh).Sementara itu metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan observasi, interview, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Minat belajar bahasa Arabkelas XI IPS 2 SMAMuhammadiyah1Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014 masih rendah. Kemudian nilai rata-rata bahasa Arabnya juga masih rendah atau di bawah standar.(2)Faktor yang mempengaruhi minat belajar bahasa Arab siswa kelas XI IPS 2 SMA Muhammadiyah 1 Pekalongan Tahun Ajaran 2013/2014 adalah faktor dari siswa itu sendiri. Yaitu kurangnya kesadaran untuk belajar lebih giat untuk menguasai bahasa Arab. Kemudian waktu pelajaran yang sangat sempit pada akhirnya membuat siswa kesulitan untuk dapat menguasai materi pelajaran bahasa Arab, sehingga minat siswa cenderung berkurang dengan adanya kesulitan tersebut. Kurangnya fasilitas di sekolah untuk pelajaran bahasa Arab juga mempengaruhi minat siswa. Jika fasilitas telah memadai dan mencukupi siswa dengan sendirinya akan tertarik untuk belajar bahasa Arab lebih giat. } }