%0 Thesis %9 Skripsi %A MASRUROH , NIM. 10411026 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:13559 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata kunci : Penilaian Autentik, Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. %T PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMP NEGERI 1 MUNTILAN, MAGELANG %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13559/ %X MASRUROH. Pelaksanaan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VII di SMP Negeri 1 Muntilan, Magelang. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah munculnya perubahan kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013 (K. 13) yang berupaya menyempurnakan standar penilaian yaitu penilaian autentik. Penilaian ini didasarkan pada data yang mencerminkan kemampuan para peserta didik, yakni penilaian yang didasarkan proses pembelajaran bukan hanya hasil. Penilaian ini juga menitikberatkan pada tiga ranah, yaitu pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Berbeda dengan penilaian sebelumnya yang hanya menitikberatkan pada aspek pengetahuan. Penilaian ini bertujuan untuk mengetahui teknik, instrumen, hasil, faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan penilaian autentik di SMP Negeri 1 Muntilan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMP Negeri 1 Muntilan. Sujek penelitian adalah guru Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dan obyeknya adalah pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran PAI. Pengumpulan data dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memfokuskan pada hal yang menjadi pokok bahasan, kemudian dipahami dan data tersebut disajikan selanjutnya dapat ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data, penggabungan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian: (1) Bentuk teknik dan instrumen penilaian autentik dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 1 Muntilan yaitu (a) aspek pengetahuan meliputi teknik: tes lisan, testulis dan penugasan, sedangkan instrumennya berupa pilihan ganda, isian singkat dan uraian. (b) aspek ketrampilan meliputi teknik: tes praktik, penilaian projek dan portofolio. (c) aspek sikap meliputi teknik: observasi, penilaian diri, penilaian antar siswa dan jurnal.(2) Hasil yang dicapai siswa dengan penilaian autentik sesuai dengan KKM sebesar 80, untuk mata pelajaran pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. (3) Faktor yang mendukung pada penilaian autentik yaitu guru yang kreatif, input yang bagus, kelas yang proposional, fasilitas yang memadai. Faktor penghambatnya adalah tugas untuk siswa terlalu banyak, menambah beban siswa dan guru, pergantian kurikulum yang mendadak, sehingga guru dan siswa masih perlu beradaptasi dengan K.13 yang terlambat. %Z Pembimbing : Dra. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.