eprintid: 13571
rev_number: 9
eprint_status: archive
userid: 71
dir: disk0/00/01/35/71
datestamp: 2014-07-11 05:41:17
lastmod: 2014-07-11 05:41:17
status_changed: 2014-07-11 05:41:17
type: thesis
metadata_visibility: show
creators_name: MUHAMAD MAKSUM , NIM. 10410042
title: PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM
BERDASARKAN KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013
DI SMA NEGERI 1 BANTUL


ispublished: pub
subjects: P
divisions: jur_pai
full_text_status: restricted
keywords: Kata Kunci: Pelaksanaan Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Kurikulum
2006, Kurikulum 2013.



note: Pembimbing :  Dr. Sukiman, S.Ag., M.Pd.

abstract: MUHAMAD MAKSUM. Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama
Islam Berdasarkan Kurikulum 2006 dan Kurikulum 2013 di SMA Negeri 1
Bantul. Skrirpsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu
Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014.
Latar belakang penelitian ini adalah pada dasarnya kurikulum merupakan
perencanaan tertulis untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Namun dalam
realita sejarah pendidikan di Indonesia yang telah mengalami perubahan
kurikulum masih banyak sekolah yang pembelajarannya tidak menyesuaikan
perubahan tersebut, karena kurikulum hanya dipandang sebagai arsip belaka
bukan sebagai acuan pembelajaran. SMA Negeri 1 Bantul merupakan sekolah
yang telah mengalami beberapa perubahan kurikulum. Oleh karena itu, yang
menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembelajaran
PAI berdasarkan kurikulum 2006 dan 2013 di SMA Negeri 1 Bantul, serta
bagaimana komparasinya antara dua kurikulum tersebut. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pelaksanaan pembelajaran
pendidikan agama Islam berdasarkan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 di
SMA Negeri 1 Bantul.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
SMA Negeri 1 Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan
pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan
dengan mereduksi data, menyajikan data, dan menyimpulkan. Uji keabsahan data
dilakukan dengan mengadakan triangulasi sumber, cara, dan waktu.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) pelaksanaan pembelajaran pendidikan
agama Islam berdasarkan kurikulum 2006 di SMA Negeri 1 Bantul terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan yang disiapkan adalah
silabus dan RPP. Pelaksanaan pembelajaran masih menggunakan metode yang
kurang variatif sehingga peserta didikpun kurang terlibat aktif, namun hasil yang
dicapai peserta didik rata-rata telah kompeten. Evaluasi yang digunakan adalah tes
lisan, pengamatan, dan penugasan. (2) Pelaksanaan pembelajaran pendidikan
agama Islam berdasarkan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1 Bantul terdiri dari
perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Perencanaan yang disiapkan adalah RPP
yang di kembangkan dari silabus buatan pemerintah. Pelaksanaan pembelajaran
menggunakan pendekatan scientific yang melibatkan aktif peserta didik dalam
pembelajaran. Adapun hasil yang dicapai rata-rata peserta didik telah kompeten
serta adanya perubahan tingkah laku yang signifikan antara sebelum belajar dan
sesudah belajar. Evaluasi yang digunakan adalah tes tulis, tes penilaian diri dan
sejawat, dan pengamatan. (3) Komparasi pelaksanaan pembelajaran pendidikan
agama Islam berdasarkan kurikulum 2006 dan kurikulum 2013 di SMA Negeri 1
Bantul dilihat dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi.


date: 2014-06-20
date_type: published
institution: UIN SUNAN KALIJAGA
department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
thesis_type: skripsi
citation:   MUHAMAD MAKSUM , NIM. 10410042  (2014) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERDASARKAN KURIKULUM 2006 DAN KURIKULUM 2013 DI SMA NEGERI 1 BANTUL.  Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.   
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/1/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/2/BAB%20II%2C%20III.pdf
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/2/lightbox.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/3/preview.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/4/medium.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/5/small.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/6/lightbox.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/7/preview.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/8/medium.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/9/small.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/14/lightbox.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/15/preview.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/16/medium.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/17/small.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/18/lightbox.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/19/preview.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/20/medium.jpg
document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13571/21/small.jpg