%A NIM. 10410111 NOVITA SARI %O Pembimbing : Sri Pumami, S.Psi., MA. %T METODE MONTESSORI DAN RELEVANSINYA DENGAN TUJUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA JENJANG PENDIDIKAN ANAK USIA DINI %X NOVITA SARI. Metode Montessori dan Relevansinya dengan Tujuan Pendidikan Agama Islam pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah kenyataan tentang pentingnya Pendidikan Anak Usia Dini yang merupakan tempat pertama peletakan dasar-dasar perilaku seseorang yang berfungsi untuk membentuk karakter seseorang kelak ketika dewasa. Saat ini banyak berkembang tempat Pendidikan Anak Usia Dini yang menawarkan berbagai macam metode pendidikan yang dapat membantu perkembangan dan pertumbuhan anak secara optimal. Salah satu metode pendidikan yang ditawarkan adalah Metode Montessori yang merupakan sebuah metode pendidikan yang diperkenalkan oleh seorang dokter wanita pertama dari Italia bernama Maria Montessori. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis relevansi antara Metode Montessori dengan tujuan Pendidikan Agama Islam pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Penelitian ini berlatar belakang dari konsep pemikiran Maria Montessori tentang Pendidikan Anak Usia Dini dalam sebuah metode yang dikenal dengan Metode Montessori. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi. Dalam proses analisis data menggunakan metode hermeneutik. Metode hermeneutik memusatkan kajiannya pada persoalan understanding of understanding terhadap teks Analisis data dilakukan dengan memberikan makna yang tersembunyi terhadap teks yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini yaitu, 1) Metode Montessori memiliki beberapa konsep pemikiran dianataranya adalah konsep anak, prinsip-prinsip Metode Montessori, Tujuan Metode Montessori, belajar dan perkembngan serta alat peraga Montessori, 2) Terdapat relevansi antara Metode Montessori dengan Tujuan Pendidikan Agama Islam pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. Hal ini terbukti dengan adanya nilainilai yang terkandung dalam Metode Montessori yang dapat mendukung terbentuknya pribadi seorang anak sebagaimana tujuan Pendidikan Agama Islam pada Jenjang Pendidikan Anak Usia Dini. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib13573