<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n"^^ . "NURHIDAYAH. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL)\r\ndalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Peserta Didik Tunanetra di\r\nSDLB Yaketunis Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama\r\nIslam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta,\r\n2014.\r\nLatar belakang penelitian ini, pendidikan merupakan hal yang penting bagi\r\nsetiap orang termasuk peserta didik yang memiliki keterbatasan dalam\r\npenglihatan (tunanetra). Mereka berhak mendapatkan semua pendidikan termasuk\r\npendidikan agama Islam. Pendidikan agama Islam membantu peserta didik untuk\r\nlebih mengenal Tuhannya, agamanya agar terbentuk individu yang berakhlak\r\nmulia dan selalu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kenyataannya peserta\r\ndidik tunanetra tidak dapat disamakan dengan peserta didik normal dalam hal\r\npembelajaran. Perlu pendekatan khusus dalam menyampaikan materi agar tujuan\r\npembelajaran dapat dicapai. Ketercapaian tujuan pembelajaran dapat didukung\r\ndengan adanya kontekstualisasi dari kehidupan peserta didik. Keterbatasan peserta\r\ndidik menuntut guru harus mampu mengkontekstualkan pembelajaran dalam\r\nkehidupan peserta didik. CTL atau pembelajaran kontekstual mempunyai tujuh\r\nkomponen utama yaitu: kontrukstivisme, bertanya, menemukan, masyarakat\r\nbelajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. Permasalahan dalam\r\npenelitian ini yaitu bagaimanakah pelaksanaan CTL dalam pembelajaran\r\npendidikan agama Islam bagi peserta didik tunanetra di SDLB Yaketunis\r\nYogyakarta.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar\r\nSDLB A Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan\r\nmengadakan wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan\r\nmemberikan makna terhadap data yang berhasil dan dari makna itulah ditarik\r\nkesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan menggunakan tringulasi data\r\nyang terdiri atas triangulasi teknik, sumber data dan waktu.\r\nHasil penelitian menunjukkan: (1) PAI di SDLB A Yaketunis\r\nmenggunakan kurikulum yang sama dengan sekolah umum lainnya namun lebih\r\ndisederhanakan dalam penyampaian materinya. (2) Pelaksanaan pembelajaran\r\nPAI dengan pendekatan CTL membantu peserta didik tunanetra\r\nmengkontekstualkan materi pembelajaran dalam kehidupan mereka sehari-hari.\r\nPendekatan CTL dalam pelaksanaannya menyesuaikan dengan kondisi dan situasi\r\npeserta didik. Guru dalam proses pembelajaran PAI dengan pendekatan CTL\r\nmenggunakan metode ceramah karena keterbatasan penglihatan peserta didik\r\ntunanetra yang biasanya diikuti oleh keterbatasan sensorik motoriknya. Guru\r\ndalam setiap pembelajaran berusaha menekankan nilai-nilai karakter CTL yaitu:\r\nkerja keras, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, tanggung jawab, peduli lingkungan\r\nsosial. Beberapa kendala dalam pembelajaran PAI yaitu kurangnya konsep dan\r\nmedia pembelajaran sebagai pendukung tercapainya tujuan pembelajaran.\r\n\r\n"^^ . "2014-05-28" . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10410134"^^ . "NURHIDAYAH "^^ . "NIM. 10410134 NURHIDAYAH "^^ . . . . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL)\r\nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM\r\nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA\r\nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #13577 \n\nPENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) \nDALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM \nBAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA \nDI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Agama Islam"@en . .