TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Rofik, M.Ag ID - digilib13577 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13577/ A1 - NURHIDAYAH , NIM. 10410134 Y1 - 2014/05/28/ N2 - NURHIDAYAH. Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi Peserta Didik Tunanetra di SDLB Yaketunis Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini, pendidikan merupakan hal yang penting bagi setiap orang termasuk peserta didik yang memiliki keterbatasan dalam penglihatan (tunanetra). Mereka berhak mendapatkan semua pendidikan termasuk pendidikan agama Islam. Pendidikan agama Islam membantu peserta didik untuk lebih mengenal Tuhannya, agamanya agar terbentuk individu yang berakhlak mulia dan selalu bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Kenyataannya peserta didik tunanetra tidak dapat disamakan dengan peserta didik normal dalam hal pembelajaran. Perlu pendekatan khusus dalam menyampaikan materi agar tujuan pembelajaran dapat dicapai. Ketercapaian tujuan pembelajaran dapat didukung dengan adanya kontekstualisasi dari kehidupan peserta didik. Keterbatasan peserta didik menuntut guru harus mampu mengkontekstualkan pembelajaran dalam kehidupan peserta didik. CTL atau pembelajaran kontekstual mempunyai tujuh komponen utama yaitu: kontrukstivisme, bertanya, menemukan, masyarakat belajar, pemodelan, refleksi dan penilaian autentik. Permasalahan dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah pelaksanaan CTL dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bagi peserta didik tunanetra di SDLB Yaketunis Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SDLB A Yaketunis Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dan dari makna itulah ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan menggunakan tringulasi data yang terdiri atas triangulasi teknik, sumber data dan waktu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) PAI di SDLB A Yaketunis menggunakan kurikulum yang sama dengan sekolah umum lainnya namun lebih disederhanakan dalam penyampaian materinya. (2) Pelaksanaan pembelajaran PAI dengan pendekatan CTL membantu peserta didik tunanetra mengkontekstualkan materi pembelajaran dalam kehidupan mereka sehari-hari. Pendekatan CTL dalam pelaksanaannya menyesuaikan dengan kondisi dan situasi peserta didik. Guru dalam proses pembelajaran PAI dengan pendekatan CTL menggunakan metode ceramah karena keterbatasan penglihatan peserta didik tunanetra yang biasanya diikuti oleh keterbatasan sensorik motoriknya. Guru dalam setiap pembelajaran berusaha menekankan nilai-nilai karakter CTL yaitu: kerja keras, rasa ingin tahu, kreatif, mandiri, tanggung jawab, peduli lingkungan sosial. Beberapa kendala dalam pembelajaran PAI yaitu kurangnya konsep dan media pembelajaran sebagai pendukung tercapainya tujuan pembelajaran. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PESERTA DIDIK TUNANETRA DI SDLB A YAKETUNIS YOGYAKARTA AV - restricted ER -