@phdthesis{digilib13579, month = {June}, title = {NILAI-NILAI MORAL DALAM TEKS PANCASILA DAN RELEVANSINYA DENGAN MATERI PENDIDIKAN AKHLAK }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10410103 NURUL HIDAYATUL WAHIDAH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Dr. Karwadi, M.Ag. }, keywords = {Kata kunci : Moral Pancasila, Akhlak. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13579/}, abstract = {NURUL HIDAYATUL WAHIDAH. Nilai-Nilai Moral dalam Teks Pancasila dan Relevansinya dengan Materi Pendidikan Akhlak. Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam upaya pembangunan bangsa, SDM merupakan salah satu unsur utama yang harus diperbaiki dalam aspek moralnya. Namun pada kenyataannya seiring perkembangan zaman, moral bangsa Indonesia semakin memprihatinkan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan solusi permasalahan degradasi moral bangsa Indonesia saat ini, dengan mendeskripsikan dan menganalisis nilai-nilai moral yang terkandung dalam teks Pancasila serta hubungannya dengan materi pendidikan akhlak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research). Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dokumentasi, yaitu melalui teks-teks tertulis berupa buku, jurnal, majalah, surat kabar dan lain sebagainya yang mendukung kajian penelitian. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan historis dan filosofis. Dan analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi (content analysis) dengan mengidentifikasi karakteristik spesifik akan pesan-pesan dari suatu teks secara sistematika dan objektif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Teks Pancasila penuh akan nilai moral. Nilai moral yang terdapat di dalamnya terdiri dari moral ketuhanan, moral kemanusiaan, moral kebangsaan, moral demokrasi serta moral keadilan. Dari nilai-nilai dasar tersebut lahir nilai-nilai praktis yakni, adil, toleran, solid, saling menghormati, tolong menolong, tanggung jawab, dan musyawarah. (2) Terdapat relevansi antara nilai-nilai moral yang terkandung dalam teks Pancasila dengan materi pendidikan akhlak baik secara historis maupun normatifnya. Secara historis, pada hakikatnya nilai-nilai moral yang terkandung dalam teks Pancasila merupakan nilai budaya masyarakat Islam sejak dulu kala dan hal ini sesuai dengan materi pendidikan akhlak dimana keduanya sama-sama bersumber dari pedoman agama Islam yakni Al Qur?an dan Hadits. Sedangkan secara normatif, teks Pancasila mengandung ajaran nilai-nilai praktis yang juga terdapat dalam materi yang diajarkan dalam pendidikan akhlak. } }