TY - THES N1 - Pembimbing : Dr. Sukiman, M.Pd. ID - digilib13581 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13581/ A1 - NURUL MUJAHIDAH , NIM. 10410036 Y1 - 2014/06/09/ N2 - NURUL MUJAHIDAH. Evaluasi Pembelajaran Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Kalasan. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Saat ini Indonesia tengah melaksanakan dua kurikulum dalam waktu bersamaan, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013. Tentu saja kedua kurikulum ini memiliki kelebihan dan kelemahan dalam perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran. Selain itu, kedua kurikulum ini juga memiliki persamaan dan perbedaan yang salah satunya adalah evaluasi, mengingat Kurikulum 2013 merupakan pengembangan dari Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan evaluasi proses pembelajaran, hasil belajar dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013 di SMP Negeri 3 Kalasan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian ini adalah studi kasus dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru Pendidikan Agama Islam, dan beberapa peserta didik di SMP Negeri 3 Kalasan. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan validitas data menggunakan triangulasi. Analisis data menggunakan kata-kata, karena penelitian ini bersifat deskriptif. Hasil penelitian menunjukan: 1) Adanya perbedaan perencanaan proses pembelajaran untuk mata pelajaran Pendidikan Agama Islam berdasarkan KTSP dan Kurikulum 2013 yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan tindak lanjut. Perbedaan terlihat jelas ketika di dalam aspek perencanaan, yaitu pemilihan metode/strategi dan penggunaan sarana prasarana di dalam pembelajaran. 2) Evaluasi hasil belajar mata pelajaran Pendidikan Agama Islam meliputi objek penilaian, teknik dan instrumen soal, prosedur dan pelaksanaan penilaian, dan penilaian hasil belajar. Ternyata keempat aspek tersebut memiliki sedikit perbedaan ketika dilaksanaan. Mengingat SMP Negeri 3 Kalasan menerapkan dua Kurikulum, yaitu Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dan Kurikulum 2013 pada tingkatan kelas yang berbeda, hasil belajarpun memiliki perbedaan. 3) Pada dasarnyaa aspek yang menjadi kendala di dalam pelaksanaan evaluasi adalah msih rendahnya kompetensi guru dan potensi peserta didik dalam menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif, kreatif, bermakna, dan menyenangkan. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAKAN DAN KURIKULUM 2013 DI SMP NEGERI 3 KALASAN AV - restricted ER -