TY - THES N1 - Pembimbing : H. Suwadi, M.Ag.,M.Pd ID - digilib13583 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13583/ A1 - RAHMINI , NIM. 08410134 Y1 - 2014/06/16/ N2 - RAHMINI.Penggunaan Buku Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas VII Terbitan Kemendikbud Tahun 2013 sebagai Bahan Ajar Mata Pelajaran PAI Siswa SMPIT Abu Bakar Yogyakarta.Skripsi. Yogyakarta: jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang masalah penelitian ini adalah bahwa masih terdapat buku teks atau buku pelajaran yang belum memenuhi standar nasional (BSNP). Padahal baik tidaknya buku pelajaran sangat mempengaruhi kualitas belajar peserta didik sehingga akan berpengaruh pula pada pencapaian tujuan pendidikan baik secara kelembagaan maupun secara nasional. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: bagaimana respons SMPIT Abu Bakar terhadap buku PAI dan Budi Pekerti, bagaimana substansi dan komposisi buku PAI sehingga layak digunakan di SMPIT Abu Bakar, serta apa kelebihan dan kekurangan buku PAI dan Budi Pekerti Kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui substansi dan komposisi buku PAI dan Budi Pekerti Kelas VII sehingga layak digunakan sebagai bahan ajar di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), menggunakan pendekatan kualitatif, dengan mengambil latar SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, pengamatan, dokumentasi dan angket atau kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah analisis isi (content analisys) dan analisis kegiatan (activity analisys). Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) SMPIT menerima dengan positif keberadaan buku PAI dan Budi Pekerti dengan alas an dan bukti bahwa buku tersebut digunakan sebagai referensi utama pembelajaran, buku berkualitas karena sesuai standar BSNP, sesuai dengan ideology serta kurikulum yang diterapkan di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta; 2) Substansi dan komposisi buku PAI dan Budi Pekerti yaitu terdiri dari 13 bab, materi memuat empat kompetensi inti yaitu sikap spiritual, sikap sosial, pengetahuan, dan ketrampilan, materi korelatif dengan KI dan KD kurikulum 2013; selain itu juga terdapat Buku Guru PAI dan Budi Pekerti atau Buku Pegangan Guru yang dapat dijadikan sebagai panduan guru PAI ketika proses pembelajaran; 3) Kelebihan buku PAI dan Budi Pekerti adalah materinya lengkap, bahasa yang sesuai dengan kebutuhan peserta didik, penyajian materi yang penuh dengan unsur-unsur motivasi sehingga semua kelebihan tersebut memberikan manfaat baik bagi peserta didik, guru maupun lembaga dalam proses belajar mengajar terutama di SMPIT Abu Bakar Yogyakarta. Sedangkan kekurangan dari buku tersebut adalah tidak terdapat footnote, warna yang kurang variatif, materi kurang sistematis, serta secara cetakan buku mudah rusak. PB - UIN SUNAN KALIJAGA M1 - skripsi TI - PENGGUNAAN BUKU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VII TERBITAN KEMENDIKBUD TAHUN 2013 SEBAGAI BAHAN AJAR MATA PELAJARAN PAI SISWA SMPIT ABU BAKAR YOGYAKARTA AV - restricted ER -