TY - THES N1 - Pembimbing : Drs. Ichsan, M.Pd ID - digilib13593 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13593/ A1 - SAEBAN, NIM. 12415319 Y1 - 2014/06/16/ N2 - SAEBAN.Penerapan Pembelajaran Active Learning Tipe Jigsaw untuk meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di Kelas IV Sekolah Dasar Negeri Luwenglor.Skripsi.Yogyakarta, Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014 Latar Belakang Masalah penelitian ini adalah bahwa pada kenyataanya praktek ? praktek mengajar yang dilakukan di SD Negeri Luwenglor, Pituruh, Purworejo pada umumnya masih berpusat pada guru. Metodologi Pembelajaran (Khususnya Agama Islam) yang di terapkan masih mempraktekan cara ? cara lama (tradisional) seperti ceramah, menghafal, demonstrasi, praktek ? praktek ibadah dan sebagainya. Cara seperti itu diakui atau tidak membuat siswa tampak bosan, jenuh, dan kurang bersemangat dalam belajar agama islam. Jika secara psikologis siswa kurang tertarik dengan metode yang digunakan oleh guru, maka dengan sendirinya siswa akam memberikan umpan balik kurang mendukung dalam proses belajar mengajar, indikasinya adalah timbul rasa tidak simpatinya peserta didik terhadap guru agama islam, tidak tertarik dengan materi-materi agama, dan lama ? kelamaan akan timbul sikap acuh tak acuh terhadap agamanya sendiri. Kalau kondisinya sudah seperti itu, sangat sulit mengharapkan siswa sadar dan mau mengamalkan ajaran ? ajaran agama islam. Penelitian ini bersifat kualitaif dengan mengambil latar Sekolah Dasar Negeri Luwenglor, Pituruh, Purworejo.Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi untuk melengkapi data yang ingin diungkap.Untuk memeriksa keabstrakan data dilakukan dengan menggunakan teknik trianggulasi sumber. Adapun urutan kegiatan penelitian meliputi : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi dan Refleksi. Hasil penelitian menunjukan : Pembelajaran Active Learning Tipe Jigsaw efektif digunakan pada pembelajaran Agama Islam khususnya di kelas IV SD Negeri Luwenglor. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa terlihat pada rasa senang, aktivitas, rasa ingin tahu dan skor hasil tes akhir. Adapun peningkatan tes hasil belajar dari tahap pra siklus 70,21, pada siklus 1 menjadi 75.22 dan pada siklus II meningkat menjadi 80.15. jadi pada aspek keaktifan dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan setiap siklusnya. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci Kedisiplinan KW - Agama KW - Malaikat KW - Jigsaw M1 - skripsi TI - PENERAPAN PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI DI KELAS IV SD NEGERI LUWENGLOR PITURUH PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014 AV - restricted ER -