eprintid: 13594 rev_number: 31 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/35/94 datestamp: 2014-07-15 01:49:33 lastmod: 2017-07-26 04:16:24 status_changed: 2014-07-15 01:49:33 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: SEVIANA PUSPITASARI , NIM. 09420160 title: EKSPERIMEN METODE ROLE PLAY DALAM PENINGKATAN PRESTASI MAHĀRAH AL- KALĀM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII C MTS NEGERI GODEAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014 ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kata Kunci: Metode Role Play, Eksperimen, Mahārah Al- Kalām. note: Pembimbing : M. Jafar Shodiq, M.S.I. abstract: Seviana Puspitasari, 09420160, “Eksperimen Metode Role Play dalam Peningkatan Prestasi Mahārah Al- Kalām Mata Pelajaran Bahasa Arab Siswa Kelas VIII C MTs Negeri Godean Yogyakarta Tahun Ajaran 2013/ 2014”, Skripsi, Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Bahasa Arab merupakan bahasa Al-Quran yang wajib dipelajari oleh orang- orang muslim. Akan tetapi masih sangat banyak masalah yang berkaitan dengan bahasa Arab terlebih lagi masalah- masalah dalam hal pemilihan strategi atau metode dalam menyampaikan materi bahasa Arab. Hal inilah yang menginspirasi penulis untuk mengadakan penelitian kuantitatif metode Role Play dalam pembelajaran bahasa Arab. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil prestasi Mahārah Al- Kalām siswa sebelum menggunakan metode Role Play dibandingkan dengan sesudah menggunakan metode Role Play. Pembelajaran dengan Role Play merupakan suatu aktifitas yang dramatik, biasanya ditampilkan oleh sekelompok kecil siswa, bertujuan mengeksploitasi beberapa masalah yang ditemukan untuk melengkapi partisipasi dan pengamatan dengan pengalaman belajar yang nantinya dapat meningkatkan pemahaman. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen, dimana penelitiannya adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design sebagai desain penelitiannya. Hasil penelitian yang berdasarkan pada hasil analisis statistik menunjukan bahwa uji T nilai pretest dan posttest kelompok eksperimen menghasilkan nilai Sig. = 0,000< 0,05 (Ha diterima), yang artinya terdapat peningkatan yang signifikan pada hasil belajar siswa kelompok eksperimen. Prosentase 20 dari 32 orang adalah 62,5 %. Sesuai dengan tolok ukur diawal bahwa dikatakan efektif jika jumlah siswa yang mencapai KKM 60-79 %. date: 2014-06-16 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: SEVIANA PUSPITASARI , NIM. 09420160 (2014) EKSPERIMEN METODE ROLE PLAY DALAM PENINGKATAN PRESTASI MAHĀRAH AL- KALĀM MATA PELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII C MTS NEGERI GODEAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13594/2/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13594/1/BAB%20II%2C%20III%20.pdf