%A NIM. 10410039 SHALEH SODIQ HANANI NASEH %O Pembimbing : Dr. H. Tasman Hamami, M.A %T POLA PEMBINAAN MORAL SISWA SD MUHAMMADIYAH AL-MUJAHIDIN WONOSARI GUNUNGKIDUL %X SHALEH SODIQ HANANI NASEH. Pola Pembinaan Moral Siswa SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari Gunungkidul. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam kehidupan sehari-hari terdapat sejumlah ketimpangan sosial dan moral, baik di tataran pejabat publik, pemerintahan, masyarakat umum, bahkan dalam kehidupan pelajar. Ketimpangan sosial dan moral tersebut berbentuk penyimpangan-penyimpangan yang mengindikasikan mulai melemahnya moralitas anak Indonesia dimana kondisi ini telah meresahkan masyarakat Indonesia secara umum. Dengan demikian, sangat penting dan mendesak untuk melakukan kajian terhadap pola pembinaan nilai-moral yang dilakukan oleh lembaga pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan psikologis dengan menggunakan metode deskripstif-analisis, yaitu melakukan tahap pengumpulan data dengan cara pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan m akma terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makn a itulah ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pola pembinaan moral siswa yang dikembangkan SD Muhammadiyah Al- Mujahidin Wonosari Gunungkidul menggunakan tiga pendekatan, yakni: pendekatan integrasi dalam praktek pembelajaran, pendekatan melalui pengembangan program pantauan, dan pendekatan integrasi melalui kegiatan pengembangan potensi/ekstrakurikuler seperti hizbul wathan, tae kwon do, tahsinul dan tahfidzul qur’an, out bond, relasi unit kegiatan PMR, UKS dan dokter kecil, kegiatan field trip, shalat dhuha dan pesantren kilat. 2) Efektivitas pola pembinaan moral di SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari Gunungkidul dapat dilihat dari dua segi, yaitu segi proses, dan segi hasil. Dari segi proses berkaitan erat dengan aspek tugas/fungsi guru dalam mendidik, aspek ketentuan dan aturan, dan tanggapan siswa terhadap program pembinaan. Adapun dari segi hasil berkaitan erat dengan hasil belajar pengembangan moral nilai agama, khususnya dalam pengembangan kemampuan berperilaku dan ibadah siswa serta pengamatan terhadap kesadaran moral siswa. Berdasarkan beberapa hasil wawancara dan observasi dapat dikatakan pembinaan moral terhadap siswa di SD Muhammadiyah Al-Mujahidin Wonosari cukup efektif peranannya dalam membentuk dan menanamkan nilai pada diri peserta didik. Hal ini dapat dilihat dari kesadaran agama dan perilaku atau akhlak siswa yang mencerminkannya. Sikap siswa yang santun, %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib13595