TY - THES N1 - Pembimbing : Luluk Maulu?ah, M.Si.,M.Pd. ID - digilib13600 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13600/ A1 - SITI FATIMAH , NIM. 10480004 Y1 - 2014/06/09/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran matematika berbasis Flash Card pada materi pokok pembagian bilangan untuk siswa kelas II semester II, 2) mengetahui masukan dari para ahli yang terdiri dari ahli materi dan ahli media untuk mengetahui kelayakaan media Flash Crad. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) yang meliputi delapan tahap yaitu tahap potensi dan masalah, tahap pengumpulan data, tahap desain produk, tahap validasi desain, tahap revisi desain, tahap uji coba produk (skala kecil), tahap revisi produk dan tahap uji coba pemakaian. Penelitian ini melibatkan beberapa reviewer, yaitu dua orang ahli materi dan media. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket untuk mengetahui kualitas media Flash Card dikembangkan. Teknik analisis data yang dilakukan adalah teknik analisis deskriptif yaitu berupa uraian saran dan skor penilaian dari semua reviewer pada setiap aspek penilaian media pembelajaran berbasis Flash Card. Hasil penelitian yang pertama yaitu 1) berhasil dikembangkan media pembelajaran Flash Card pada materi pembagian bilangan, 2) Hasil penilaian media pembelajaran matematika berbasis Flash Card yang telah dikembangkan berdasarkan penilaian ahli materi adalah Baik (B) dengan skor 4 dengan konversi skor skala lima adalah 4,00. Berdasarkan penilaian ahli media adalah Baik (B) dengan skor 4,12 dengan konversi skor skala lima dalah 4,12. Dengan demikian, media Flash Card layak digunakan sebagai media pembelajaran matematika untuk siswa kelas II. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci: Media Pembelajaran KW - Flash Card KW - Pembagian Bilangan M1 - skripsi TI - PENGEMBANGAN MEDIA FLASH CARD DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA UNTUK SISWA KELAS II DI MI MA?ARIF SENDANG KULON PROGO AV - restricted ER -