%A NIM. 10470042 IRFA MA’ALINA LI’ILLIYYINA %O Pembimbing : Dr. Imam Machali, M.Pd. %T PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PRIBADI AUTISTIK PERSPEKTIF TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DI SEKOLAH KHUSUS AUTISME BINA ANGGITA YOGYAKARTA %X Irfa Ma’alina Li’illiyyina. Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam terhadap Pribadi Autistik Prespektif Teori Belajar Behavioristik di Sekolah Khusus Bina Anggita Yogyakarta, Skripsi, Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Pendidikan tidak hanya berkonsentrasi pada penyampaian materi, tetapi bagamaina nilai-nilai yang terkandung pada setiap pengetahuan itu dapat diakulturasikan dalam kehidupan manusia sehingga dia dapat mencapai kehidupan yang lebih berarti dan kemuliaan dengan memberikan manfaat bagi dirinya maupun orang lain sekalipun dengan segala keterbatasannya yang dibawa sejak lahir. Manusia tetap membawa fitrah ketuhanannya, begitu pula dengan manusia yang memiliki kepribadian autistic. Anak autis bukan berarti tidak normal. Secara fisik mereka terlihat sehat. Kecerdasan otak pun cenderung sama dengan orang lain. Hanya saja mereka memiliki keterlambatan dalam tumbuh kembangnya. Oleh karena itu, perlu adanya perhatian khusus dalam menyampaikan pesan atau materi yang disampaikan kepada penyandang autis sesuai dengan tingkat perkembangannya. Berdsarkan asumsi di atas, maka pokok penelitian skripsi ini adalah sebagai berikut: pertama, Bagaimana penanaman nilai-nilai pendidikan Agama Islam bagi siswa autistic prespektif behavioristik di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita? Kedua, Bagaimana perubahan perilaku siswa autis sebagai hasil dari penanaman nilai pendidikan Agama Islam di Sekolah Khusus Autisme Bina Anggita? Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang memanfaatkan paradigma penelitian interpretatif dengan tujuan membangun makna berdasarkan data-data lapangan. Metode pengumpulan data yang digunakan untuk memperoleh data yang akurat adalah dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis difokuskan pada analisis data selama proses di lapangan melalui reduksi data, penyajian data, triangulasi dan verifikasi. Hasil penelitian ini penulis menyimpulkan, pertama, penanaman nilai-nilai pendidikan Agama Islam diberikan kepada siswa dengan prilaku autis melalui program pendidikan yang bertahap yang terdiri dari tahap observasi, penyusunan dan pelaksaan program, evaluasi dam tindak lanjut (follow up). Proses pembelajaran dilakukan secara tematik dengan memberikan materi belajar yang bersifat kongkrit. Metode yang digunakan adalah metode ABA (Applied Behavioral Analysis) sebagai penerapan dari teori behavioristik. Penguatan yang diberikan selama proses pemeliharaan nilai dengan penguatan positif. Kedua, penanaman nilai tersebut berdampak pada keteraturan siswa dalam melakukan aktivitas sehari-hari sesuai dengan norma Agama dan kedisiplinan dalam beribadah. %K Kata kunci : Nilai, Pendidikan Agama Islam, Auitis, Behavioristik. %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib13601