relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13602/ title: PENGARUH KURIKULUM PROGRAM PLUS TERHADAP KEPERCAYAAN MASYARAKAT KEPADA SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS creator: MUHAMMAD EKO PRASETIYO MUHAMMAD EKO PRASETIYO , NIM. 10481016 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: 2014 Muhammad Eko Prasetiyo, “Pengaruh Kurikulum Program Plus Terhadap Kepercayaan Masyarakat Kepada SD Muhammadiyah Pakel Program Plus. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Latar belakang lahirnya kurikulum program plus di SD Muhammadiyah Pakel, 2) mengetahui berapa besar pengaruh Kurikulum Program Plus terhadap kepercayaan masyarakat kepada SD Muhammadiyah Pakel Program Plus. Populasi dari penelitian ini adalah semua wali murid dari kelas I-VI dengan jumlah 380, dari jumlah populasi tersebut diambil sampel dengan menggunakan tabel Issac dan Michael yaitu berjumlah 158. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu Kurikulum Program Plus (X) dan Kepercayaan Masyarakat (Y). Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan berupa survei, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi. Setelah memperoleh data peneliti melakukan pengujian prasyarat analisis dengan uji validitas, realibilitas dan deskriptif dan frekuensi data. Selanjutnya dilakukan teknik analisa data dengan uji normalitas dan linearitas, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis dengan uji regresi sederhana. Berdasarkan pada hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Latar belakang di laksanakanya kurikulum program plus adalah penurunan kepercayaan dari masyarakat kepada pihak sekolah, yang di buktikan dengan terus menurunya jumlah peserta didik yang mendaftar ke SD Muhammadiyah Pakel Program Plus. 2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kurikulum program plus terhadap kepercayaan masyarakat. Berdasarkan hasil perhitungan bahwasanya pelaksanaan kurikulum program plus di SD Muhammadiyah Pakel Program Plus Yogyakarta mempengaruhi kepercayaan masyarakat sebesar 44,7%. Nilai t hitung (10,334) > t tabel (1,96), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat diartikan bahwa pelaksanaan kurikulum program plus mempengaruhi 44,7% kepercayaan masyarakat. Sementara sekitar 55,3% dipengaruhi oleh faktor lain, diantaranya adalah full day school, output (alumni), kerja sama dengan PCM Umbulharjo. date: 2014-06-19 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13602/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13602/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: MUHAMMAD EKO PRASETIYO MUHAMMAD EKO PRASETIYO , NIM. 10481016 (2014) PENGARUH KURIKULUM PROGRAM PLUS TERHADAP KEPERCAYAAN MASYARAKAT KEPADA SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.