TY  - THES
N1  - Pembimbing :  Drs. H. Sedya Santosa, SS, M.Pd

ID  - digilib13602
UR  - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13602/
A1  - MUHAMMAD EKO PRASETIYO MUHAMMAD EKO PRASETIYO , NIM. 10481016
Y1  - 2014/06/19/
N2  - 2014
Muhammad Eko Prasetiyo, ?Pengaruh Kurikulum Program Plus
Terhadap Kepercayaan Masyarakat Kepada SD Muhammadiyah Pakel Program
Plus. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Latar belakang lahirnya
kurikulum program plus di SD Muhammadiyah Pakel, 2) mengetahui berapa
besar pengaruh Kurikulum Program Plus terhadap kepercayaan masyarakat
kepada SD Muhammadiyah Pakel Program Plus.
Populasi dari penelitian ini adalah semua wali murid dari kelas I-VI
dengan jumlah 380, dari jumlah populasi tersebut diambil sampel dengan
menggunakan tabel Issac dan Michael yaitu berjumlah 158. Dalam penelitian ini
terdapat dua variabel yaitu Kurikulum Program Plus (X) dan Kepercayaan
Masyarakat (Y). Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan berupa survei,
peneliti menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Dalam pengumpulan data
peneliti menggunakan metode angket (kuesioner), wawancara dan dokumentasi.
Setelah memperoleh data peneliti melakukan pengujian prasyarat analisis dengan
uji validitas, realibilitas dan deskriptif dan frekuensi data. Selanjutnya dilakukan
teknik analisa data dengan uji normalitas dan linearitas, kemudian dilanjutkan
dengan uji hipotesis dengan uji regresi sederhana.
Berdasarkan pada hasil penelitian diperoleh bahwa: 1) Latar belakang di
laksanakanya kurikulum program plus adalah penurunan kepercayaan dari
masyarakat kepada pihak sekolah, yang di buktikan dengan terus menurunya
jumlah peserta didik yang mendaftar ke SD Muhammadiyah Pakel Program Plus.
2) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kurikulum program plus
terhadap kepercayaan masyarakat. Berdasarkan hasil perhitungan bahwasanya
pelaksanaan kurikulum program plus di SD Muhammadiyah Pakel Program Plus
Yogyakarta mempengaruhi kepercayaan masyarakat sebesar 44,7%. Nilai t hitung
(10,334) > t tabel (1,96), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Dapat diartikan
bahwa pelaksanaan kurikulum program plus mempengaruhi 44,7% kepercayaan
masyarakat. Sementara sekitar 55,3% dipengaruhi oleh faktor lain, diantaranya
adalah full day school, output (alumni), kerja sama dengan PCM Umbulharjo.


PB  - UIN SUNAN KALIJAGA
KW  - Kata kunci: Pengaruh
KW  -  Kurikulum Program Plus
KW  -  Kepercayaan Masyarakat.



M1  - skripsi
TI  - PENGARUH KURIKULUM PROGRAM PLUS
TERHADAP KEPERCAYAAN MASYARAKAT KEPADA
SD MUHAMMADIYAH PAKEL PROGRAM PLUS


AV  - restricted
ER  -