@phdthesis{digilib13604,
           month = {June},
           title = {TELAAH KURIKULUM INTEGRATIF DALAM BUKU AL-ISLAM DAN
KEMUHAMMADIYAHAN KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH
BOARDING SCHOOL SLEMAN YOGYAKARTA

},
          school = {UIN SUNAN KALIJAGA},
          author = { NIM.  10410138 BRILIANNAKA RAWSHAN FIKRI},
            year = {2014},
            note = {Pembimbing :  Dr. Sukiman, S. Ag., M.Pd
},
             url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13604/},
        abstract = {BRILIANNAKA RAWSHAN FIKRI. Telaah kurikulum integratif dalam
buku al-Islam dan kemuhammadiyahan kelas tujuh SMP Muhammadiyah
Boarding School Sleman Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan
Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga, 2014.
Latar belakang masalah penelitian ini adalah kemerosotan akhlak siswa
SMP yang memprihatinkan. Pendidikan agama Islam adalah sebagai pondasi
bagi siswa dalam berperilaku. Penerapan kurikulum integratif adalah salah
satu cara dalam mengembangkan kurikulum di SMP MBS dengan
memadukan materi di dalam buku al-Islam dan kemuhammadiyahan. Yang
menjadi permasalahan penelitian ini adalah bagaimana konsep kurikulum
yang integratif di dalam buku al-Islam dan kemuhammadiyahan kelas tujuh
ditinjau dari materi, kemudian bagaimana proses pembelajaran dan penerapan
kurikulum integratif di kelas dan bagaimana hasil yang dicapai oleh siswa
kelas tujuh dari pembelajaran tersebut. Penelitian ini bertujuan
mendeskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang penerapan kurikulum
integratif materi al-Islam dan kemuhammadiyahan kelas tujuh serta hasil yang
dicapai dari penerapan tersebut.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar
SMP Muhammadiyah Boarding School Sleman Yogyakarta. Pengumpulan
data dengan mengadakan pengamatan langsung, wawancara dengan instansi
terkait dan dokumentasi. Kemudian mereduksi data yang telah diperoleh untuk
mempermudah mengambil kesimpulan, menyajikan data dengan memahami
masalah yang ada, menganalisis makna dan menarik kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan: (1) Kurikulum integratif diterapkan melalui
pemberian materi yang saling berkaitan dalam buku al-Islam dan
kemuhammadiyahan dengan menggunakan The Integrated Model (model
integrasi), dalam penerapannya buku al-Islam dan Kemuhammadiyahan
memadukan sejumlah topik dari mata pelajaran yang berbeda tapi esensinya
sama. (2) Proses penerapan pembelajaran materi yang integratif dengan
metode ceramah dan tanya jawab, resitasi dan demonstrasi, diskusi dan
hafalan. Dalam pelaksanaan pembelajaran integratif tersebut menggunakan
model pembelajaran terpadu dalam bentuk The Connected Model, The
Integrated Model, The Immersed Model dan The Nested Model. (3) hasil yang
ditunjukkan dalam proses pembelajaran materi yang terintegrasi adalah: 1)
materi yang saling berkaitan dan mendukung dalam mata pelajaran yang
berbeda memberikan pemahaman yang lebih terhadap siswa. 2) materi yang
telah melekat pada siswa lebih mudah dipraktekkan dalam kehidupan
berasrama. 3) adanya pembiasaan yang dilakukan oleh siswa antara lain shalat
jamaah pada waktunya, shalat dhuha, puasa Senin Kamis serta pembiasaan
sopan santun terhadap guru.

}
}