@phdthesis{digilib13605, month = {June}, title = {KURIKULUM 2013 PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (ANALISIS IMPLEMENTASI PADA KELAS X SMA N 1 PAKEM SLEMAN YOGYAKARTA) }, school = {UIN SUNAN KALIJAGA}, author = {NIM. 10470033 RINA ROUDHOTUL JANNAH }, year = {2014}, note = {Pembimbing : Drs. M. Jamroh Latief, M.Si }, keywords = {Kata Kunci: Kurikulum 2013, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. }, url = {https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13605/}, abstract = {Rina Roudhotul Jannah. Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Analisis Implementasi pada Kelas X SMA Negeri 1 Pakem Sleman Yogyakarta). Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga 2014. Latar belakang penelitian ini bahwa SMA Negeri 1 Pakem merupakan salah satu sekolah menengah atas di kabupaten Sleman Yogyakarta yang ditunjuk pemerintah untuk melakukan uji coba kurikulum 2013 (pilot project) termasuk Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar belakang SMA N 1 Pakem. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi, serta triangulasi sumber. Analisis dilakukan mencari serta menyusun secara sistematis data-data yang diperoleh dari wawancara, observasi, catatan lapangan, dokumentasi, serta bahan-bahan lain. Analisis data kualitatif ini bersifat deskriptif-analitik yakni dengan prosedur mengumpulkan data, reduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan kesamaan antara teori dengan kenyataan yang ada di lapangan yaitu: (1) Implementasi Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA N 1 Pakem sudah berjalan dengan cukup baik. Dilihat dari respon positif sekolah dan berbagai upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan kompetensi steakholder, tenaga pendidik, tenaga kependidikan hingga peserta didik dalam mengimplementasikan kurikulum 2013. Diantaranya dengan mengikuti sosialisasi dan pendidikan latihan. (2) Tahap perencanaan selain pendidik mengikuti pelatihan, dalam mempersiapkan perangkat pembelajaran yang meliputi program tahunan, program semester dan RPP masih belum dikerjakan secara mandiri namun berkelompok. (3) proses pembelajaran pendidik sudah menggunakan pendekatan saintifik. (4) Dari proses implementasi kurikulum 2013 PAI kelas X di SMA N 1 Pakem tidak terlepas dari faktor pendukung yang menjadi pemicu keberhasilan implementasi diantaranya adanya berbagai sosialisasi, beban belajar yang bertambah, sumber belajar yang mendukung, kompetensi akademik pendidik yang sesuai. Faktor penghambat yang perlahan-lahan bisa diminimalisir oleh pihak sekolah diantaranya PAI belum menjadi uji coba pertama, evaluasi yang berbeda, dan kurangnya kreatifitas pendidik dalam mengelola kelas. } }