%0 Thesis
%9 Skripsi
%A RIF’AT ASYKARI RAHMAN, NIM. 07480028
%B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN
%D 2014
%F digilib:13614
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%K Kata Kunci: Matematika SD/MI, Tutor Sebaya, Prestasi.
%T PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA  UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA  MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI  HIDAYATUL ATHFAL NEGARAYU TONJONG BREBES
%U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13614/
%X RIF’AT ASYKARI RAHMAN, “Penerapan Strategi Pembelajaran  Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran  Matematika Kelas V Di MI Hidayatul Athfal Negarayu Tonjong Brebes.  Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan  Kalijaga, 2014.  Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan strategi  pembelajaran Tutor Sebaya pada pembelajaran Matematika di MI Hidayatul  Athfal Negarayu. 2) Mengetahui seberapa tinggi peningkatan prestasi belajar  siswa setelah dilaksanakannya penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya di  MI Hidayatul Athfal Negarayu.  Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang  dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap  perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam  penelitian ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal  pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang  diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan guru dan siswa dan  dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya  peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu meningkatnya prestasi  siswa diatas KKM 60 yang mencapai 76,93% dari jumlah siswa kelas V MI  Hidayatul Athfal Negarayu.  Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I persentase hasil belajar  sebesar 46,15% kategori masih kurang dan pada siklus II 76,93% kategori  baik. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus II rata-rata kelas 7,04.
%Z Pembimbing :  Dra. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.