%0 Thesis %9 Skripsi %A RIF’AT ASYKARI RAHMAN, NIM. 07480028 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:13614 %I UIN SUNAN KALIJAGA %K Kata Kunci: Matematika SD/MI, Tutor Sebaya, Prestasi. %T PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI HIDAYATUL ATHFAL NEGARAYU TONJONG BREBES %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13614/ %X RIF’AT ASYKARI RAHMAN, “Penerapan Strategi Pembelajaran Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Kelas V Di MI Hidayatul Athfal Negarayu Tonjong Brebes. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan strategi pembelajaran Tutor Sebaya pada pembelajaran Matematika di MI Hidayatul Athfal Negarayu. 2) Mengetahui seberapa tinggi peningkatan prestasi belajar siswa setelah dilaksanakannya penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya di MI Hidayatul Athfal Negarayu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan guru dan siswa dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu meningkatnya prestasi siswa diatas KKM 60 yang mencapai 76,93% dari jumlah siswa kelas V MI Hidayatul Athfal Negarayu. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I persentase hasil belajar sebesar 46,15% kategori masih kurang dan pada siklus II 76,93% kategori baik. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus II rata-rata kelas 7,04. %Z Pembimbing : Dra. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.