%A NIM. 07480028 RIF’AT ASYKARI RAHMAN
%O Pembimbing :  Dra. Endang Sulistyowati, M.Pd.I.
%T PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA
UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA
MATA PELAJARAN MATEMATIKA KELAS V DI MI
HIDAYATUL ATHFAL NEGARAYU TONJONG BREBES
%X RIF’AT ASYKARI RAHMAN, “Penerapan Strategi Pembelajaran
Tutor Sebaya Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran
Matematika Kelas V Di MI Hidayatul Athfal Negarayu Tonjong Brebes.
Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan
Kalijaga, 2014.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan penerapan strategi
pembelajaran Tutor Sebaya pada pembelajaran Matematika di MI Hidayatul
Athfal Negarayu. 2) Mengetahui seberapa tinggi peningkatan prestasi belajar
siswa setelah dilaksanakannya penerapan strategi pembelajaran tutor sebaya di
MI Hidayatul Athfal Negarayu.
Penelitian ini termasuk jenis penelitian tindakan kelas yang
dilaksanakan dalam 2 siklus, yang masing-masing siklus terdiri dari tahap
perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data yang diperoleh dalam
penelitian ini meliputi: prestasi belajar siswa yang diambil dari pemberian soal
pada akhir siklus, aktivitas guru dan siswa selama proses pembelajaran yang
diambil dari lembar observasi, hasil wawancara dengan guru dan siswa dan
dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya
peningkatan prestasi belajar matematika siswa yaitu meningkatnya prestasi
siswa diatas KKM 60 yang mencapai 76,93% dari jumlah siswa kelas V MI
Hidayatul Athfal Negarayu.
Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I persentase hasil belajar
sebesar 46,15% kategori masih kurang dan pada siklus II 76,93% kategori
baik. Hasil prestasi belajar siswa pada siklus II rata-rata kelas 7,04.
%K Kata Kunci: Matematika SD/MI, Tutor Sebaya, Prestasi.
%D 2014
%I UIN SUNAN KALIJAGA
%L digilib13614