eprintid: 13615 rev_number: 37 eprint_status: archive userid: 71 dir: disk0/00/01/36/15 datestamp: 2014-07-16 01:17:10 lastmod: 2017-05-05 01:02:10 status_changed: 2014-07-16 01:17:10 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: AZIZAH WULANDARI, NIM. 09420166 title: PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KITAB KUNING PADA SANTRIWATI TINGKAT MTS DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA (TINJAUAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN) ispublished: pub subjects: pba divisions: jur_pba full_text_status: restricted keywords: Kata kunci: Problematika, Manajemen Pembelajaran, Kitab Kuning note: Pembimbing : Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M. abstract: AZIZAH WULANDARI. Problematika Pembelajaran Kitab Kuning Pada Santriwati Tingkat MTs Di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta (Tinjauan Manajemen Pembelajaran). Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2014. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang berbagai problematika pembelajaran kitab kuning di tinjau dari manajemen pembelajaran pada santriwati tingkat MTs di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta serta untuk mengetahui lebih jauh usaha-usaha apa saja yang diperlukan demi menyelesaikan masalah-masalah tersebut. Dari penelitian ini diharapkan akan memberikan sumbangan pemikiran terutama dalam hal pembelajaran kitab kuning. Penelitian ini berbentuk penelitian kuantitatif deskriptif dengan mengambil objek penelitian santriwati tingkat MTs di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta , alasannya bahwa belajar kitab kuning masih dianggap susah dan lama untuk itu penulis ingin mengetahui manajemen pembelajaran yang dilakukan dan problematika pembelajaran yang dihadapi. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, dokumentasi, wawancara dan angket. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan data dan menelaah data, menyusun data, menganalisis data kemudian mengambil kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran kitab kuning pada santriwati tingkat MTs di Pondok Pesantren Ali Maksum Krapyak Yogyakarta meliputi a) Perencanaan, b) Pengorganisasian, c) Pelaksanaan, d) Pengawasan/evaluasi. Problematika yang muncul terkait dengan manajemen pembelajaran kitab kuning 1) Perencanaan, meliputi: Sedikitnya sarana komunikasi antar pengurus, Kurangnya guru putri yang berpengalamandan berkompeten, Jadwal pembelajaran kitab kuning yang beragam dan membingungkan, 2) Pengorganisasian, meliputi: Sulit merekap presensi, Belum adanya pelatihan bagi guru, Guru kitab kuning sering berhalangan masuk, 3) Pelaksanaan, meliputi: Pelajaran penunjang kitab kuning yang diajarkan di madrasah belum mencukupi, Santriwati kesulitan ketika mengartikan/maknanidengan bahasa Jawa, Guru kurang tepat waktu dalam memulai dan mengakhiri pembelajaran, Belum adanya sistem pengawasan/penilaian yang merata dan menyeluruh. 4) Pengawasan/penilaian, meliputi: Belum ada acuan hukuman bagi santriwati yang melanggar peraturan kegiatan pembelajaran kitab kuning, Penyimpangan yang terjadi tidak dilaporkan kepada pengurus pengajian. Diantara usaha-usaha yang dilakukan pihak Pondok Pesantren adalah saling membantu melakukan perbaikan terhadap kualitas pembelajaran, Mengadakan bandongan untuk guru kitab kuning, Membuat jadwal kelompok guru badal/pengganti, Guru menyelipkan pelajaran nahwu dan į¹£orof, Guru maknani kitab kuning menggunakan bahasa Jawa diikuti dengan bahasa Indonesia. date: 2014-05-20 date_type: published institution: UIN SUNAN KALIJAGA department: FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN thesis_type: skripsi thesis_name: other citation: AZIZAH WULANDARI, NIM. 09420166 (2014) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN KITAB KUNING PADA SANTRIWATI TINGKAT MTS DI PONDOK PESANTREN ALI MAKSUM KRAPYAK YOGYAKARTA (TINJAUAN MANAJEMEN PEMBELAJARAN). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA. document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13615/33/BAB%20I%2C%20IV%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf document_url: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13615/1/BAB%20II%2C%20III.pdf