%0 Thesis %9 Skripsi %A DIAN ULUL KHASANAH , NIM. 10411002 %B FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN %D 2014 %F digilib:13616 %I UIN SUNAN KALIJAGA %T PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI DOLANAN ANAK TRADISIONAL SEBAGAI JEMBATAN ANTARA KELAS, KELUARGA, DAN KOMUNITAS DI KAMPUNG PINTAR PANDES PANGGUNGHARJO SEWON BANTUL YOGYAKARTA %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13616/ %X DIAN ULUL KHASANAH. Pendidikan Karakter melalui Dolanan Anak Tradisional sebagai Jembatan atara Kelas, Keluarga, dan Komunitas di Kampung Pintar Pandes Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta : Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini dilatarbelakangi pada Kampung Pintar Pandes Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta yang sebagian besar penduduknya pengrajin dolanan anak tradisional, sehingga kampung tersebut dijuluki sebagai Kampung Dolanan atau Kampung Pintar. Keadaan kampung tersebut banyak sedikitnya dapat mempengaruhi anak termasuk dalam pendidikan karakter. Pembentukan karakter pada anak ini sangat diperlukan mengingat keadaan emosional dan mental anak yang masih labil, pembentukan karakter ini dilaksanakan di Kampung Pintar Pandes melalui dolanan tradisional anak. Permasalahan yang menjadi sorot utama penelitian ini antara lain, bagaimana proses pembentukan karakter melalui dolanan anaka tradisional, nilai-nilai karakter apa saja yang berkembang di kelas, keluarga, dan komunitas melalui dolanan anak tradisional, dan bagaimana dampak penanaman pendidikan karakter di kelas, keluarga, dan komunitas melalui dolanan tradisional anak di Kampung Pintar Pandes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pendidikan karater dan nilai-nilai karakter yang berkembang di kelas, keluarga, dan komunitas serta dampak penanaman pendidikan karakter melalui kelas, keluarga, dan komunitas di kampung pintar pandes. Hasil penelitian diharapkan dapat dipergunakan untuk mengoptimalkan kegiatan dolanan anak tradisional di kampung pintar pandes. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan latar belakang Kampung Pintar Pandes Panggungharjo Sewon Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilaksanakan dengan mengadakan observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Pemeriksa keabsahan data dilakukan dengan triangulasi, yaitu triangulasi teknik, triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Proses pembentukan karakter di kelas, keluarga, dan komunitas melalui dolanan anak tradisional di Kampung Pintar Pandes, proses pendidikan karakter dilaksanakan dengan menyeimbangkan antara moral knowing, moral feeling dan moral action. Kebiasaan untuk menggunakan moral knowing, moral feeling dan moral action pada setiap keputusan akan mendidik manusia menjadi insan yang berkarakter, yang punya prinsip dan pegangan yang jelas. (2) Nilai-nilai karakter yang berkembang di kelas, keluarga, dan komunitas di Kampung Pintar Pandes Panggungharjo Sewon Bantul antara lain nilai yang berhubungan pada Allah SWT, nilai yang berhubungan pada diri sendiri, nilai yang berhubungan dengan sesama, nilai yang berhubungan dengan lingkungan dan nilai kebangsaan. (3) Dampak penanaman pendidikan karakter melalui dolanan tradisional di kampung pintar pandes panggungharjo sewon bantul diantaranya anak menjadi lebih kreatif, sosial tinggi, percaya diri, lebih harmonis dengan keluarga, sopan santun, bersosialisasi dengan baik, dan outputnya berdampak positif. %Z Pembimbing : Dr. Sabarudin, M. Si.