<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR\r\nMATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI USDA KELAS VI\r\nDI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL\r\n\r\n"^^ . "Dwi Ayu Kurnia Putri “Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar\r\nMatematika untuk Menghadapi USDA Kelas VI di MI Al Islamiyah Grogogan\r\nBantul”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas\r\nIslam Negeri Sunan Kalijaga, 2014.\r\nLatar belakang penelitian ini ialah masih ditemukannya siswa-siswa kelas\r\nVI yang mengalami kesulitan belajar matematika di MI Al Islamiyah Grojogan.\r\nPeran guru dalam mengatasi kesulitan belajar para siswa terbukti berhasil\r\ndikarenakan mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada output tahun\r\n2007/2008 dalam prestasi pencapaian pada UN MI Al Islamiyah Grojogan Bantul\r\ndiperingkat 21 dan tiga tahun terakhir ini mengalami peningkatan nilai UN atau\r\noutput siswa menjadi peringkat I se-Kabupaten Bantul. Berdasarkan hal ini\r\npenelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan peran guru dalam mengatasi\r\nkesulitan belajar siswa kelas VI dalam kaitannya menghadapi USDA sebagai\r\npengganti UN.\r\nPenelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskripsif dengan mengambil\r\nlokasi di MI Al Islamiyah Grojogan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan\r\nobservasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis\r\ndekripsif yaitu menarik kesimpulan berdasarkan papan data yang ditemukan di\r\nlapangan. Adapun dalam penelitian ini cara untuk mengabsahkan data yaitu\r\ndengan menggunakan teknik triangulasi hasil.\r\nHasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Di MI Al Islamiyah\r\nGrojogan Bantul kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VI dapat digolongkan\r\nmenjadi 4 yaitu: learning disorder, learning disfunction, under achiever, dan slow\r\nlearner. (2) Usaha mengatasi kesulitan belajar matematika dalam menghadapi\r\nUSDA guru matematika melakukan 2 langkah, yaitu: a) Melakukan pengumpulan\r\ndata: (observasi, melakukan home visit, dan tes evaluasi) untuk dilakukan\r\ndiagnosa hasil. b) Treatment yang dilakukan guru matematika, untuk mengatasi\r\nkesulitan dengan penambahan waktu jam belajar, cara mengajar secara efisien,\r\nmemberi pembelajaran yang menyenangkan dan menyajikan rumus dalam\r\nbentukn yanyian, strategi pembelajaran, guru dengan pemberian reward, motivasi,\r\ndan humor tapi serius. (3) Faktor pendukung dan penghambat ketercapain tujuan\r\nyaitu a) Faktor pendukung terbagi 3 yaitu Madrasah, orang tua dan masyarakat.\r\nMadrasah memberikan dukungan dengan mengefektifkan pembelajaran,\r\npendalaman materi, melakukan kunjungan ke rumah siswa, melakukan bedah kisikisi,\r\ntry out dan refreshing. Orang tua/wali siswa mendukung adanya kegiatan di\r\nmadrasah, memberikan fasilitas pada anaknya, memperhatikan anaknya.\r\nLingkungan masyarakat menjaga ketenangan dan melakukan pengawasan\r\nterhadap siswa yang melakukan pelanggaran. Faktor penghambat ketercapain\r\npembelajaran yaitu kesadaran guru-guru matematika yang lain untuk disiplin yang\r\nmasih kurang, peran orang tua yang terkesan membiarkan siswa.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-09" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10481038"^^ . "DWI AYU KURNIA PUTRI "^^ . "NIM. 10481038 DWI AYU KURNIA PUTRI "^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR\r\nMATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI USDA KELAS VI\r\nDI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR\r\nMATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI USDA KELAS VI\r\nDI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR\r\nMATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI USDA KELAS VI\r\nDI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR\r\nMATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI USDA KELAS VI\r\nDI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR\r\nMATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI USDA KELAS VI\r\nDI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR\r\nMATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI USDA KELAS VI\r\nDI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR\r\nMATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI USDA KELAS VI\r\nDI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR\r\nMATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI USDA KELAS VI\r\nDI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR\r\nMATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI USDA KELAS VI\r\nDI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR\r\nMATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI USDA KELAS VI\r\nDI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #13617 \n\nPERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR \nMATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI USDA KELAS VI \nDI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .