TY - THES N1 - Pembimbing : Dra. Endang Sulistyowati, M. Pd. I ID - digilib13617 UR - https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13617/ A1 - DWI AYU KURNIA PUTRI , NIM. 10481038 Y1 - 2014/06/09/ N2 - Dwi Ayu Kurnia Putri ?Peran Guru dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Matematika untuk Menghadapi USDA Kelas VI di MI Al Islamiyah Grogogan Bantul?. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 2014. Latar belakang penelitian ini ialah masih ditemukannya siswa-siswa kelas VI yang mengalami kesulitan belajar matematika di MI Al Islamiyah Grojogan. Peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar para siswa terbukti berhasil dikarenakan mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat pada output tahun 2007/2008 dalam prestasi pencapaian pada UN MI Al Islamiyah Grojogan Bantul diperingkat 21 dan tiga tahun terakhir ini mengalami peningkatan nilai UN atau output siswa menjadi peringkat I se-Kabupaten Bantul. Berdasarkan hal ini penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan peran guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa kelas VI dalam kaitannya menghadapi USDA sebagai pengganti UN. Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif deskripsif dengan mengambil lokasi di MI Al Islamiyah Grojogan Bantul. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis dekripsif yaitu menarik kesimpulan berdasarkan papan data yang ditemukan di lapangan. Adapun dalam penelitian ini cara untuk mengabsahkan data yaitu dengan menggunakan teknik triangulasi hasil. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Di MI Al Islamiyah Grojogan Bantul kesulitan belajar yang dialami siswa kelas VI dapat digolongkan menjadi 4 yaitu: learning disorder, learning disfunction, under achiever, dan slow learner. (2) Usaha mengatasi kesulitan belajar matematika dalam menghadapi USDA guru matematika melakukan 2 langkah, yaitu: a) Melakukan pengumpulan data: (observasi, melakukan home visit, dan tes evaluasi) untuk dilakukan diagnosa hasil. b) Treatment yang dilakukan guru matematika, untuk mengatasi kesulitan dengan penambahan waktu jam belajar, cara mengajar secara efisien, memberi pembelajaran yang menyenangkan dan menyajikan rumus dalam bentukn yanyian, strategi pembelajaran, guru dengan pemberian reward, motivasi, dan humor tapi serius. (3) Faktor pendukung dan penghambat ketercapain tujuan yaitu a) Faktor pendukung terbagi 3 yaitu Madrasah, orang tua dan masyarakat. Madrasah memberikan dukungan dengan mengefektifkan pembelajaran, pendalaman materi, melakukan kunjungan ke rumah siswa, melakukan bedah kisikisi, try out dan refreshing. Orang tua/wali siswa mendukung adanya kegiatan di madrasah, memberikan fasilitas pada anaknya, memperhatikan anaknya. Lingkungan masyarakat menjaga ketenangan dan melakukan pengawasan terhadap siswa yang melakukan pelanggaran. Faktor penghambat ketercapain pembelajaran yaitu kesadaran guru-guru matematika yang lain untuk disiplin yang masih kurang, peran orang tua yang terkesan membiarkan siswa. PB - UIN SUNAN KALIJAGA KW - Kata Kunci: Peran Guru KW - Kesulitan Belajar KW - Treatment M1 - skripsi TI - PERAN GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR MATEMATIKA UNTUK MENGHADAPI USDA KELAS VI DI MI AL ISLAMIYAH GROJOGAN BANTUL AV - restricted ER -