%A NIM. 10481006 MUHAMMAD FATKHAN MUALLIFIN %O Pembimbing : Andi Prastowo, M. Pd. I %T UPAYA SEKOLAH DALAM PEMBENTUKAN PERILAKU KEAGAMAAN SISWA DI SDIT HUSNAYAIN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA %X Muhammad Fatkhan Muallifin, “Upaya Sekolah dalam Pembentukan Perilaku Keagamaan di SDIT Husnayain Tempel Sleman Yogyakarta”. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Penelitian ini dilatar belakangi karena melihat adanya kenakalan atau perilaku buruk anak-anak usia dini. Untuk itu, perlu perhatian khusus dari para pendidik di sekolah dalam membentuk perilaku keagamaan mereka. Begitu pula yang terdapat di SDIT Husnayain, SDIT ini mempunyai upaya untuk membentuk perilaku keagamaan siwanya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis apa saja bentuk-bentuk upaya sekolah dalam membentuk perilaku keagamaan siswa , apa saja faktor pendukung dan penghambat dari upaya sekolah tersebut di SDIT Husnayain Tempel Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar SDIT Husnayain Tempel Sleman Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan metode keabsahan data dengan triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian ini menunjukkan dua hal yaitu: (1) Upaya sekolah untuk membentuk perilaku keagamaan siswa melalui kurikulum intrakulikuler dan program pendukung. (2) Faktor pendukung dalam membentuk perilaku keagamaan siswa di SDIT Husnayain meliputi faktor sekolah dan faktor kerjasama sekolah dengan wali murid. Sedangkan hal-hal yang menjadi faktor penghambatnya di antaranya berasal dari keluarga dan masyarakat. %K Kata Kunci: upaya sekolah, pembentukan perilaku, perilaku keagamaan %D 2014 %I UIN SUNAN KALIJAGA %L digilib13618