%0 Thesis %9 Skripsi %A ISTI SWASTINI - NIM. O4410665, %B Fakultas Tarbiyah %D 2008 %F digilib:1362 %I UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta %K Taman pendidikan al-Quran, generasi Qurani %T USAHA DIREKTUR TAMAN PENDIDIKAN AL QUR'AN AL MUHSIN DALAM MENCETAK GENERASI QUR'ANI DI DESA BANARAN KECAMATAN GALUR KABUPATEN KULON PROGO %U https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/1362/ %X ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisa secara kritis tentang usaha yang dilakukan Direktur Taman Pendidikan Al-Quran Al- Muhsin dalam mencetak generasi Qurani di Desa Banaran Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo serta hasil yang dicapai Direktur TPA Al-Muhsin dalam mencetak generasi Qurani tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan, yang bersifat kualitatif dengan mengambil latar Direktur TPA Al-Muhsin Banaran Galur Kulon Progo. Pengumpulan data yang dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara dan dokumentasi. Analisa data yang digunakan adalah analisa deskriptif kualitatif yaitu dengan cara analisa yang cenderung menggunakan kata-kata untuk menjelaskan (describle) fenomena atau data yang didapatkan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Profil Direktur TPA Al-Muhsin yang meliputi: identitas direktur, riwayat pendidikan direktur, pengalaman organisasi direktur, riwayat pekerjaan direktur dan penataran atau pelatihan yang pernah diikuti direktur. (2) Usaha Direktur TPA Al-Muhsin dalam mencetak generasi Qurani di Desa Banaran Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo yang meliputi bidang kepemimpinan, bidang administrasi, bidang bimbingan dan pengawasan, bidang evaluasi pendidikan dan bidng hubungan insani. (3) Hasil yang dicapai Direktur TPA Al-Muhsin dalam mencetak generasi Qurani di Desa Banaran Kecamatan Galur Kabupaten Kulon Progo adalah kemampuan santriwan dan santriwatinya dalam menerima materi pelajaran terutama membaca Al-Quran sangat baik. Selain itu dari awal berdiri sampai tahun 2007 ini TPA Al-Muhsin telah banyak meraih prestasi baik ditingkat kecamatan, kabupaten maupun provinsi. %Z Pembimbing : Drs. H. Sardjuli, M.Pd.