relation: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13634/ title: PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA creator: NASHIHATUR RAHMAH , NIM. 10480013 subject: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah description: Nashihatur Rahmah. Peran Guru dalam Melatih Kecerdasan Emosional Siswa Kelas I, II dan III di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2014. Latar belakang penelitian ini adalah adanya kecenderungan terjadinya peningkatan anak yang mengalami gangguan emosi seiring berkembangnya zaman. Menurunnya kecerdasan emosional hendaknya menjadi perhatian, khususnya dalam dunia pendidikan. Madrasah sebagai wahana pendidikan formal dan peran guru sebagai pendidik dirasa sangat strategis untuk melatih dan membina kecerdasan emosional anak. MIN Jejeran Bantul Yogyakarta sebagai lembaga pendidikan telah menyisipkan kecerdasan emosional dalam kegiatan pembelajaran khususnya di kelas I, II dan III. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui perkembangan kecerdasan emosional siswa kelas rendah di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. (2) Mengetahui peran guru dalam melatih kecerdasan emosional siswa kelas rendah di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. (3) mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam melatih kecerdasan emosional siswa kelas rendah di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memperkaya wawasan baik secara teoritik maupun acuan praktik tentang peran guru. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tiga macam triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perkembangan kecerdasan emosional siswa sudah baik, yang terdiri dari 5 aspek yaitu kesadaran diri, mengelola emosi, memanfaatkan emosi secara produktif, empati, dan membina hubungan (2) peran guru dalam melatih kecerdasan emosional yang terdiri dari 5 aspek (kesadaran diri, mengelola emosi, memanfaatkan emosi secara produktif, empati, dan membina hubungan) yaitu dengan penanaman nilai positif, melalui dongeng, melalui nasehat, dan pemberian reward. (3) faktor pendukung yaitu komunikasi, fasilitas yang memadai, dan lingkungan belajar. Faktor penghambat yaitu ketidakdisiplinan siswa, perilaku asosial (merasa jagoan, saling mengejek, perkelahian, bertutur kata yang kurang sopan), dan orang tua siswa. date: 2014-06-09 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13634/1/BAB%20I%2C%20V%2C%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf format: text language: en identifier: https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/13634/2/BAB%20II%2C%20III%2C%20IV.pdf identifier: NASHIHATUR RAHMAH , NIM. 10480013 (2014) PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.