<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA\r\n\r\n"^^ . "Nashihatur Rahmah. Peran Guru dalam Melatih Kecerdasan Emosional\r\nSiswa Kelas I, II dan III di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Fakultas Ilmu\r\nTarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta,\r\n2014.\r\nLatar belakang penelitian ini adalah adanya kecenderungan terjadinya\r\npeningkatan anak yang mengalami gangguan emosi seiring berkembangnya\r\nzaman. Menurunnya kecerdasan emosional hendaknya menjadi perhatian,\r\nkhususnya dalam dunia pendidikan. Madrasah sebagai wahana pendidikan formal\r\ndan peran guru sebagai pendidik dirasa sangat strategis untuk melatih dan\r\nmembina kecerdasan emosional anak. MIN Jejeran Bantul Yogyakarta sebagai\r\nlembaga pendidikan telah menyisipkan kecerdasan emosional dalam kegiatan\r\npembelajaran khususnya di kelas I, II dan III. Penelitian ini bertujuan untuk: (1)\r\nMengetahui perkembangan kecerdasan emosional siswa kelas rendah di MIN\r\nJejeran Bantul Yogyakarta. (2) Mengetahui peran guru dalam melatih kecerdasan\r\nemosional siswa kelas rendah di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. (3) mengetahui\r\nfaktor pendukung dan faktor penghambat guru dalam melatih kecerdasan\r\nemosional siswa kelas rendah di MIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Hasil penelitian\r\nini diharapkan dapat memperkaya wawasan baik secara teoritik maupun acuan\r\npraktik tentang peran guru.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar\r\nMIN Jejeran Bantul Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan\r\nmengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan\r\ndengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan\r\nkesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan tiga\r\nmacam triangulasi, yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi\r\nwaktu.\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perkembangan kecerdasan\r\nemosional siswa sudah baik, yang terdiri dari 5 aspek yaitu kesadaran diri,\r\nmengelola emosi, memanfaatkan emosi secara produktif, empati, dan membina\r\nhubungan (2) peran guru dalam melatih kecerdasan emosional yang terdiri dari 5\r\naspek (kesadaran diri, mengelola emosi, memanfaatkan emosi secara produktif,\r\nempati, dan membina hubungan) yaitu dengan penanaman nilai positif, melalui\r\ndongeng, melalui nasehat, dan pemberian reward. (3) faktor pendukung yaitu\r\nkomunikasi, fasilitas yang memadai, dan lingkungan belajar. Faktor penghambat\r\nyaitu ketidakdisiplinan siswa, perilaku asosial (merasa jagoan, saling mengejek,\r\nperkelahian, bertutur kata yang kurang sopan), dan orang tua siswa.\r\n\r\n"^^ . "2014-06-09" . . . . "UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . "FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN, UIN SUNAN KALIJAGA"^^ . . . . . . . . . "NIM. 10480013"^^ . "NASHIHATUR RAHMAH "^^ . "NIM. 10480013 NASHIHATUR RAHMAH "^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA\r\n\r\n (Text)"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "lightbox.jpg"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "preview.jpg"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "medium.jpg"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "small.jpg"^^ . . . "PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . . "PERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL\r\nSISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA\r\n\r\n (Other)"^^ . . . . . "HTML Summary of #13634 \n\nPERAN GURU DALAM MELATIH KECERDASAN EMOSIONAL \nSISWA KELAS I, II DAN III DI MIN JEJERAN BANTUL YOGYAKARTA \n \n\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah"@id . .